Rabu, 28 Zulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register
Jumat, 22 Juni 2012, 11:02 WIB

Inilah 'The Do and The Don't' dalam Memperbaiki Kualitas Sperma

ibnujafar86.wordpress.com
Sperma (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dokter, saya mau tanya, bagaimana untuk meningkatkan kesuburan pria, bila sel sperma tidak bergerak dan berjumlah sedikit? Terima kasih.


Fian, Jakarta - 28Tahun



Jawaban:

Untuk Pak Fian, pertama saya ucapkan terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Berkenaan dengan kondisi yang dikemukakan, maka upaya untuk peningkatan kesuburan pria dalam hal ini berkaitan dengan sel sperma yang sehat terdapat "The Do and The Don't (apa yang boleh dan apa yang jangan)".

Dalam hal ini yang diperbolehkan (The Do), sehingga menjadi sebuah keperluan dalam upaya memperbaiki kualitas sperma antara lain dengan melakukan konsultasi multivitamin dan mineral (zink). Selain itu, menjalankan pola hidup yang sehat, antara lain makan makanan bergizi, berolahraga teratur serta menjaga kualitas istirahat yang cukup.

The Don't -(hal yang tidak diperbolehkan) yaitu stress, merokok, minum minuman beralkohol, serta konsumsi obat terlarang (narkoba). Sebaiknya, menghindari faktor risiko tersebut karena berdampak bagi kualitas sperma yang dihasilkan.

Nah, yang terakhir yang menjadi bagian dari rangkaian upaya "The Do & The Don't" yakni berkomunikasi serta melakukan konsultasi dengan Androlog, untuk mengevaluasi secara berkala tingkat kesuburan Anda. Sebelumnya, saya tambahkan bahwa indikator sperma yang sehat dan memiliki tingkat kesuburan yang baik, tentu harus dimonitor melalui pemeriksaan skala laboratorium.

Beberapa parameter antara lain volume sperma, kemudian di dalamnya terdapat jumlah sel sperma yang ada, pergerakan sperma, morfologi bentuk sperma, tingkat keasaman hingga lamanya waktu pembekuan karena sperma mengandung protein yang akan mengumpal. Untuk itu, indikasi kesuburan memang dilihat dari berbagai poin indikasi, dalam hal ini Androlog tentu akan melakukan serangkaian pemeriksaan.

Demikian ya, Pak Fian. Semoga bisa membantu menerangkan hal tersebut. Salam sehat. (RS)


dr Ricky Susanto, SpOG, Mkes
Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)