Sabtu, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kuku Rusak, Tebal dan Rapuh, Adakah Obatnya?

Kamis, 21 Juni 2012, 16:28 WIB
Komentar : 9
blogspot
Kuku tangan
Kuku tangan

 

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya. Sekitar tahun 1997, saya bekerja di sebuah restoran dan pekerjaan itu mengakibatkan adanya kerusakan pada kuku jempol kaki dan tangan saya. Yang saya rasakan sangat gatal, sehingga menyebabkan kuku saya menjadi rusak, tebal dan rapuh. Disebabkan oleh apakah itu dan adakah obatnya, Dok? Sampai sekarang belum sembuh juga. Terima kasih.


Agna, Jakarta - 33 tahun



Jawaban:

Dear Mbak Agna, sesuai dengan apa yang dikemukakan, saya belum dapat simpulkan adanya hubungan langsung antara aktivitas pekerjaan Anda dengan kondisi kuku di kaki dan tangan sebagai akibat dari kegiatan pekerjaan di restoran tersebut.

Mengingat waktu periode kejadian yang telah lampau, sekitar 15 tahun yang lalu di mana kondisi yang dialami tidak menunjukkan perbaikan, berikut saya jelaskan mengenai penyebab terjadinya kondisi kelainan pada kuku manusia. Salah satu hal yang membuat terjadinya kelainan atas bentuk kuku adalah terdapatnya infeksi jamur.

Selain itu, kelainan kuku dapat pula disebabkan karena trauma (benturan), infeksi (bakteri, virus) atau penyakit kulit yang menyertai (eksim, psiriasis, eritroderma) dan lain-lain. Dapat pula dipicu oleh faktor penyakit sistemik (penyakit jantung, paru, sirosis hati, anemia, dll). Bahkan, dapat pula menjadi indikasi atas adanya penyakit herediter maupun tumor.

Hal yang dasar untuk dapat menilai kondisi tidak sehat dari kuku kita yakni, terdapatnya beberapa gejala dan tanda kelainan kuku antara lain: perubahan warna kuku, kuku rapuh atau lunak, sampai kepada terjadinya perubahan bentuk kuku. Beberapa kondisi tersebut dapat ditangani secara simultan sesuai dengan kondisi aktual yang dihadapi.

Sementara, untuk kelainan kuku karena infeksi jamur, Anda dapat menggunakan obat anti jamur. Sedangkan, untuk memastikan kuku tersebut terinfeksi jamur ataukah disebabkan karena berbagai faktor lain, serta agar mendapatkan treatment penanganan dan mendapatkan pengobatan yang tepat, maka saran saya, Anda hendaknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terdekat untuk diobservasi fisik pada problem kelainan kuku yang dialami.

Demikian, Mbak Agna. Semoga segera kembali sehat dan cantik ya kukunya. Salam sehat. (SK)


dr Sasa Khairunisa, SpKK
Spesialis Kulit RS Meilia

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

 

 

Redaktur : Miftahul Falah
(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.(QS:Al Baqarah 197)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...