Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register
Selasa, 05 Juni 2012, 11:12 WIB

Aduh, Gatal-gatal di Selangkangan.. Bagaimana Mengobatinya?

Rosita/Republika
Kulit gatal/ilustrasi

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum, dokter yang baik. Saya mau tanya, bagaimana caranya mengobati gatal-gatal di selangkangan dan pantat? Sudah sering saya obati dan sempat sembuh, tapi tiba-tiba gatal lagi. Bagaimana solusinya ya?


Dante, Jakarta - 36 tahun



Jawaban:

Wa'alaikumsalam saudara Dante, terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Terkait dengan kondisi gatal-gatal pada selangkangan dan pantat, maka menurut hemat saya hal tersebut dapat terjadi karena beberapa hal. Di antaranya, akibat peradangan pada kulit (dermatitis), infeksi bakteri dan infeksi jamur.

Di antara penyebab-penyebab tersebut, yang paling sering menyebabkan gatal pada selangkangan dan pantat adalah infeksi jamur. Hal ini dapat disebabkan, karena daerah tersebut lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Di samping itu, gesekan pada daerah paha yang diakibatkan oleh seringnya memakai pakaian dalam/ celana yang tidak menyerap keringat maupun celana yang ketat, akan dapat menimbulkan serta membuat kondisi di sekitar selangka dan pantat semakin lembab.

Untuk pola pengobatan infeksi jamur pada kulit, membutuhkan waktu relatif cukup lama yaitu sekitar 3-4 minggu. Pengobatan dapat dilakukan secara topikal maupun oral (obat minum) tergantung kondisi kulitnya.

Nah, dalam hal ini, yang terpenting adalah melakukan cara pencegahan agar tidak terjadi gatal lagi. Saran saya adalah dengan melakukan kebiasaan sehat. Misalnya seperti, sering berganti pakaian dalam yang kering atau menggunakan celana dalam yang terbuat dari katun, serta gunakan celana yang sesuai dan tidak sempit.

Bila kemudian hal yang dialami saudara Dante terus berlanjut, sebaiknya Anda segera berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Karena kelainan kulit lebih mudah didiagnostik, apabila dilihat melalui observasi secara langsung. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. (SK)


dr Sasa Khairunisa, SpKK
Spesialis Kulit RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))