Senin, 16 April 2012, 17:57 WIB

Cara Mengobati Kutu Air di Telapak Kaki

Red: Miftahul Falah
telegraph.co.uk
Gatal di kaki (ilustrasi)
Gatal di kaki (ilustrasi)

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bu Dokter, Saya selama ini menderita penyakit seperti kutu air pada telapak kaki. Penyakit ini sulit sembuh dan Saya belum tahu obatnya (yang alami dari tumbuhan). Saya memohon saran dari Ibu dokter atas penyakit Saya ini. Obat apa yang cocok untuk menyembuhkan telapak kaki Saya. Atas sarannya, Saya ucapkan terima kasih.

Anwar, Situbondo - 29 tahun


Jawaban:

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Untuk Bapak Anwar di Situbondo, dalam hal ini kutu air merupakan penyakit radang pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur pada umumnya senang tumbuh pada tempat-tempat yang lembab. Kaki kita merupakan salah satu tempat yang lembab. Apalagi bila kita sering menggunakan sepatu tertutup dalam jangka waktu yang lama.

Jenis pengobatan sering kali tergantung pada kondisi klinisnya. Untuk lesi kulit tunggal dapat menggunakan anti jamur topikal (berupa salep atau krim). Sementara, untuk infeksi kronis biasanya memerlukan pengobatan kombinasi, yaitu dengan pengobatan topikal disertai pengobatan sistemik dari dalam tubuh melalui oral. Obat topikal anti jamur di apotek antara lain, Ketokonazole, Mikonazole, dll.

Obat sistemik anti jamur, hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Yang penting, untuk pengolesan obat topikal anti jamur yaitu sebelum dioles, telapak kaki harus dalam keadaan kering. Sehingga, obat anti jamur tersebut dapat diserap dengan baik. Apabila dengan pengobatan topikal belum ada perubahan, sebaiknya dikonsultasikan dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin terdekat. Demikian yang bisa Saya sampaikan, semoga bisa membantu. Terima kasih. Salam. (SK)


dr Sasa Khairunisa, SpKK

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id


loading...