Tuesday, 2 Syawwal 1435 / 29 July 2014
find us on : 
  Login |  Register
Friday, 24 February 2012, 11:29 WIB

Kedua Payudara Saya Gatal, Apakah Gejala Kanker?

corbis.com
Kanker Payudara/Ilustrasi

Pertanyaan: 

Langsung saja ya dok, kedua payudara saya sering gatal, apalagi ketika musim dingin, kebetulan saya sedang berada diluar negeri. Semula, saya berfikir apa karena kulit kering, tetapi setelah saya beri lotion rasa gatal itu tetap ada.

Rasa gatal itu pun terasa disekitar luar puting, payudara saya juga sering nyeri. Saya coba raba sepertinya tidak ada benjolan, tetapi payudara saya keras. satu lagi, dilipatan ketiak sebelah kanan ada benjolan yang kalau ditekan sakit sekali, apa saya terkena gejala kanker?

Mohon tolong dibalas ya dok, saya tunggu. Terima kasih dok, GBU. 

Ding,Hongkong - 29 tahun


Jawaban: 

Salam kenal mbak Ding, saat ini tinggal di negeri yang jauh ya, wah pasti banyak pengalaman baru disana. Terkait dengan pertanyaan yang diajukan, maka berikut tanggapan saya, bahwa bentuk kelainan di payudara meliputi indikasi antara lain:

* Infeksi / mastitis
* Tumor : biasanya jinak atau ganas
* Kelainan hormonal, dll.

Untuk rasa gatal pada payudara yang timbul, bisa juga dikarenakan adanya reaksi alergi, apakah ibu memiliki alergi sesuatu? makanan, cuaca maupun udara dingin atau pakaian yang menempel pada payudara.

Rasa nyeri di payudara menunjukkan adanya proses peradangan, biasanya disertai dengan adanya tanda-tanda infeksi lain, seperti demam, kulit teraba panas disertai perubahan warna kulit menjadi kemerahan, terkadang teraba benjolan di payudara atau payudara teraba keras.

Pada payudara yang normal, perabaan terasa lebih kenyal, sebaiknya pemeriksaan payudara dilakukan pada saat baru selesai menstruasi untuk mengurangi efek hormonal pada payudara.

Sedangkan bila payudara yang teraba keras dan nyeri, selain dapat dicurigai disebabkan oleh infeksi (mastitis), juga dapat disebabkan oleh sesuatu keganasan (sekalipun pada kanker jarang disertai nyeri).

Terjadinya pembesaran dilipatan ketiak, dapat diindikasikan merupakan pembesaran suatu kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ketiak membesar, bisa disebabkan karena adanya infeksi di payudara atau merupakan suatu penyebaran sel-sel kanker dari payudara.

Bila ibu tidak yakin, sebaiknya segera konsultasikan ke orang terdekat yang dapat membantu ibu, memeriksakan ke dokter setempat, atau bisa mendapatkan informasi dari KBRI di negara tersebut untuk mendapatkan data dokter yang dapat membantu memudahkan komunikasi agar proses konsultasi di luar negeri dapat berlangsung dengan baik.

Semoga dapat membantu ya bu, terima kasih, salam sehat. (WK) 

dr. Wita Sukmara, SpB.

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))