Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register
Senin, 21 November 2011, 10:20 WIB

Sakit Tenggorokan tak Sembuh-sembuh,Bagaimana Mengatasinya?

corbis.com
Sakit Tenggorokan/Ilustrasi


Pertanyaan :

Saya seorang mahasiswa berusia 20 tahun, saya mengalami sakit tenggorokan selama lebih dari 3 bulan. Tenggorokan saya selalu terasa kering dan terasa bengkak, semua hal ini membuat saya tidak nyaman, bahkan kadang-kadang terasa sakit pada bagian leher (bawah rahang). Saya telah pergi berobat ke dokter umum, dan dokter hanya berkata sakit tenggorokan biasa, tapi itu hanya mengurangi sakit beberapa waktu saja.

Seminggu yang lalu saya berinisiatif untuk berobat pada dokter spesialis THT di rumah sakit terkenal di Surabaya. Beliau mengatakan bahwa saya mengalami faringitis kronis. Dokter memberikan sesuatu pada tenggorokan saya (semacam cairan) yang membuat tenggorokan saya membengkak beberapa jam, dokter menjelaskan kalau itu memang efek obat dan mengolesi obat pada tenggorokan saya dan beberapa obat (antibiotik, obat kumur dan obat racikan).

Tetapi sampai sekarang saya tidak merasa baikan, sebenarnya penyakit apa yang saya alami? Apakah perlu pemeriksaan lanjutan? Terima kasih sebelumnya.

Artasari,20 tahun -  Sidoarjo



Jawaban :

Hai Arta, pasti tidak nyaman rasanya ya.. Faringitis Kronis merupakan peradangan dinding belakang Faring tenggorokan yang sudah berlangsung lama (lebih dari 3 bulan), biasanya tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan, namun keluhan nyeri dapat menghebat apabila terjadi serangan akut.

Faringitis kronis sendiri dapat ditemukan sebagai kelainan tersendiri di faring atau sebagai kelanjutan infeksi saluran nafas atas lainnya. Penyebabnya dapat disebabkan infeksi virus (40-60%), bakteri (5-40%) dan alergi.

Ada beberapa faktor predisposisi terjadinya faringitis kronis, diantaranya:
- Rhinitis kronis, Sinusitis
- Radang di daerah mulut, Caries gigi, infeksi amandel.
- Makanan dan minuman yang merangsang iritasi tenggorokan (pedas, asam, dingin, gorengan dan alkohol).
- Polusi udara, karena debu, asap rokok atau daerah industri.
- Merokok.
- Pasien yang biasa bernafas melalui mulut karena hidung tersumbat.

Manifestasi klinis timbul rasa sakit tenggorokan, rasa gatal, kering dan berlendir yang sukar dikeluarkan dari tenggorokan, batuk serta terasa mengganjal di tenggorokan.

Penatalaksanaan-nya:
- Antibiotik bila terdapat infeksi bakteri.
- Mencari dan mengobati kelainan lain yang mendasari, bila didapatkan masalah dihidung, sinus paranasalis maka harus diobati.
- Lokal, dapat dilakukan kaustik dengan AgNO3 atau elektrokauter.
- Terapi simptomatis seperti obat batuk, obat nyeri atau obat demam.
- Banyak minum air putih untuk menjaga kelembaban daerah faring.
- Menghindari polusi, tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memancing iritasi tenggorokan.

Dari gejala yang kamu alami, kemungkinan besar memang kamu menderita Faringitis Kronis Eksaserbasi akut yang sering kambuh-kambuhan. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter THT lebih lanjut untuk mencari dan mengobati kelainan lain yang mendasar. Semoga jelas dengan penjelasan ini ya. Salam. (SB)

dr. Selfiyanti Bimantara, SpTHT-KL


 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

 


Redaktur : Mohamad Afif
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)