Friday, 7 Muharram 1436 / 31 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Telapak Tangan Sering Berkeringat, Gejala Apa Dok?

Monday, 07 November 2011, 14:00 WIB
Komentar : 2
corbis.com
Telapak Tangan/Ilustrasi
Telapak Tangan/Ilustrasi



Pertanyaan :

Dok, kenapa ya telapak tangan dan telapak kaki saya sering sekali berkeringat, sampai-sampai sepatu yang saya pakai terasa sangat licin, begitu pula dengan telapan tangan saya. Sampai banyak orang mengira saya seperti habis mencuci tangan karena basah sekali. Kira-kira saya kenapa ya dok, terima kasih.

Ria,30 tahun - Setiabudi



Jawaban :

Untuk Ibu Ria yang baik hati, sebenarnya apa yang ibu alami tersebut, dialami juga oleh orang lain, yaitu adanya produksi keringat yang berlebih di tempat tertentu.

Dalam hal ini, produksi kerigat dipengaruhi atau diatur oleh sistem saraf parasimpatis yang berpusat diotak. Dalam kondisi kepanasan misalnya, sistem saraf tersebut akan memicu produksi keringat agar tubuh lebih sejuk.

Aktifitas saraf parasimpatis tersebut juga sangat dipengaruhi oleh adanya rasa gugup, cemas, gelisah, sehingga saat ada perasaan tersebut kita akan menjadi berdebar dan berkeringat.

Meskipun demikian, ada juga penyakit/ kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan mempengaruhi aktivitas sistem saraf parasimpatis tersebut, antara lain kondisi hipoglikemia, hipertiroid, hipotensi.

Oleh karena itu, apabila keluhan yang ibu Ria alami tersebut sering muncul tidak hanya pada saat gugup, cemas dan gelisah, apalagi dengan disertai adanya gejala lain seperti penurunan berat badan, gemetar, leher bengkak, demam, pusing dan sebagainya, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk dapat melakukan observasi langsung serta menjalankan pemeriksaan lanjutan lainnya.

Demikian yang dapat saya jelaskan bu, semoga bermanfaat dan tetap sehat. (YVM)

dr. Yovita Mulyakusuma. Msc, SpPD

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

 


Dari Tsauban Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat/mengutuk orang yang menyuap, yang menerima suap dan orang yang menghubungkan keduanya.” ([HR. Ahmad dalam bab Musnad Anshar radhiyallahu ‘anhum])
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Karya Seni Sebagai Media Dakwah
JAKARTA -- Seni dan agama kerap dipandang sebagai sesuatu yang bertolak belakang. Akan tetapi menurut Ustaz Erick Yusuf, seni dan agama memiliki koherensi...