Senin 10 May 2010 22:27 WIB

Terkendala Benjolan di Lipatan Paha

TANYA :

Selamat pagi. Dokter, dua hari yang lalu, sehabis berolahraga (lari-lari sore), muncul benjolan di sekitar selangkangan saya (lipatan paha kanan). Bentuknya bulat, lebih kecil dari telur puyuh. Benjolan tersebut agak keras, dan  kalau ditekan agak terasa nyeri hingga ke pangkal paha dan benjolan tersebut tidak hilang.

Disekitar benjolan tidak ada luka, warna kemerahan, kebiruan, ataupun panas. Benjolan tetap ada bila badan dalam posisi tidur maupun berdiri. Kira-kira benjolan tersebut disebabkan oleh apa, Dok? Apakah hernia, kelenjar getah bening atau penyumbatan pembuluh darah?  Terima kasih.

Frandos [email protected]

JAWAB :

Selamat pagi. Besar kemungkinan itu suatu hernia. Berbeda dengan kelenjar getah bening atau benjolan lain, pada hernia ada korelasi dengan aktivitas tubuh. Sehabis mengedan, mengangkat barang berat, dan berolahraga, benjolan hernia keluar menonjol.

Biasanya benjolan hernia akan masuk kembali dengan sendirinya setelah beristirahat. Namun bila hernia sudah makin parah, benjolan hernia tak bisa masuk kembali. Kondisi demikian mengharuskan untuk dilakukan tindakan pembedahan (hernioraphy). Ada baiknya segera memeriksakannya langsung ke dokter terdekat.

dr. Handrawan Nadesul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement