Jumat, 24 Zulqaidah 1435 / 19 September 2014
find us on : 
  Login |  Register
Rabu, 02 November 2011, 11:00 WIB

Bagaimana Cara Menghitung Keuntungan Investasi Emas LM?

Wihdan Hidayat/Republika
Emas Logam Mulia/Ilustrasi

Pertanyaan :

Ass wr wb Pak Ahmad Gozali

Mohon bantuan informasinya, sebenarnya cara menghitung untuk Emas Logam Mulia itu seperti apa pak ?

Misalkan :

Tanggal : 09 Aril 2011 saya beli Emas LM 2 gr dengan harga 902.000
Tanggal : 06 Juli 2011 saya beli Emas LM 2 gr dengan harga 883.850

kalau per hari dan jam ini harga Emas LM 2 gr :

931.850 (Jual)
876.000 (Beli)

maka saya masih belum untung ya pak, karena kalau saya jual harganya masih 876.000, atau sebenarnya hitung keuntungan emas LM itu dari harga jual jadi kalau hari itu dengan 883.850 kita sudah bisa membeli LM kalau hari ini tidak bisa karna kalau ingin beli harganya 931.850.

Emas LM ini keuntungannya itu baru terlihat jika sudah bertahun-tahun ya pak ?

Mohon penjelasannya.
 
Yulia fitriasih
 
 

 

Jawaban :


Wa'alaikumsalam wr wb

Mbak Yulia, untuk menghitung keuntungan investasi emas sebetulnya sederhana saja. Anda tinggal menghitung berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli emas tersebut, dibandingkan dengan uang yang Anda terima jika menjualnya sekarang. Selisihnya adalah keuntungan atau kerugian Anda. Cukup berpatokan pada uang cash yang dikeluarkan dan didapat. Jadi dalam kasus di atas, bisa dibilang Anda belum mendapatkan keuntungan dari investasi emas tersebut.
 
Tapi beda lagi halnya kalau Anda menjual emas tersebut pada sesama investor, bukan dijual kembali ke toko emas, maka Anda bisa menjual dengan harga Rp 931.850. Ini artinya Anda sudah bisa menikmati keuntungan karena mendapatkan uang lebih besar dibandingkan dengan uang yang Anda keluarkan ketika membelinya. Pada kenyataannya, Anda bisa menjual emas tersebut kepada siapa saja dengan harga berapa saja. Jika menjual kepada sesama investor Anda bisa negosiasi di harga tertentu disepakati oleh kedua belah pihak.
 
Memang bisa dibilang bahwa investasi emas ini baru berasa keuntungannya secara siginifikan dalam jangka waktu yang lama. Setidaknya satu tahun mungkin baru akan terasa keuntungannya. Emas memang sebaiknya tidak untuk spekulasi jangka pendek. Selain itu, pemilihan pecahan juga akan mempengaruhi keuntungan yang Anda terima. Jika Anda membeli emas Logam Mulia dengan pecahan yang lebih besar, 25gr, 50gr, atau 100gr, biasanya selisih antara harga jual dan harga beli akan lebih tipis sehingga kemunginan untuk bisa lebih besar daripada pecahan kecil.
 
Selamat berinvestasi emas.


Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan pada Safir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke askgoz@rol.republika.co.id

 

 

www.ahmadgozali.com

@ahmadgozali

Redaktur : Mohamad Afif
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur(HR. Thabrani)