Senin, 11 Juli 2011, 17:19 WIB

Lebih Bagus Investasi di Reksadana atau di Emas?

Red: Johar Arif
rumahuang.com
Ilustrasi
Ilustrasi

Pertanyaan:

Mana yang lebih bagus, investasi di reksadana atau di emas?

Bayu, Jakarta

 

Jawaban:

Investasi terbaik adalah investasi yang terdirverfsifikasi, alias tersebar untuk mengurangi risiko investasi. Jadi, mana yang lebih bagus apakah investasi di emas atau reksadana? Yang paling bagus adalah kalau punya keduanya, invest di emas, juga reksadana.

Tapi, kalaupun dana terbatas, maka bisa dipertimbangkan bahwa reksadana bisa memberikan potensi keuntungan yang lebih besar, namun juga punya risiko penurunan harga yang lebih besar daripada emas. Jika dapat memilih reksadana dengan baik, maka bukan tidak mungkin bisa menikmati keuntungan yang lebih besar daripada invest emas.

Namun jika kurang jeli memilih reksadana yang dibeli, maka kerugiannya juga bisa lebih besar dibandingkan investasi pada emas. Jika memilih emas sebagai alat investasi, tidak perlu repot lagi memilih. Emas apapun harganya sama saja, tapi akan lebih baik jika emasnya dalam bentuk emas batangan, bukan emas perhiasan.

Lalu, di antara keduanya, emas dan reksadana, mana yang lebih jelek? Yang lebih jelek adalah kalau cuma mempertimbangkan saja di antara keduanya, lalu tidak berinvestasi sama sekali.

Selamat berinvestasi…!

 

 


Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan pada Safir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke askgoz@rol.republika.co.id.





www.ahmadgozali.com


@ahmadgozali

 

 

TAG