Rabu 01 May 2013 18:04 WIB

Mayday, Innocenti 'Telurkan' Insan Loba

Insan Loba
Foto: Warriors
Insan Loba

INNOCENTI merilis sebuah single bertajuk "Insan Loba". Insan Loba, berasal dari kata "Insan" yang berarti manusia dan "Loba" atau kata lain dari serakah. Insan LOBA kental dengan nuansa funk, soul dan 60’RnB. "Pengaruh terbesar dari Curtis Mayfield dan The Style Council," ungkap Agung sebagai pembuat lagu.

Tema yang diangkat berasal dari pengalaman sehari-hari tentang keserakahan manusia yang menutupi mata hati mereka, hingga ketidakpedulian antar sesama menjadi akrab di penglihatan kita. Ibukota menjadi saksi atas pelanggaran hak yang tak hentinya, di mana sebuah kepentingan menjadi alasan atas pelanggaran tersebut. Loba menjadi akar ketidak pedulian di mana setiap insan hanya memikirkan kepentingannya sendiri.

Trisno Agung sebagai penulis lirik dalam lagu ini menyatakan, "Lagu ini didedikasikan untuk setiap insan, atas pelanggaran hak yang mereka terima dari kemajemukan sistem yang dibangun untuk kepentingan pribadi dan golongan, seperti kaum buruh, masyarakat kecil atau pinggiran yang berada di kota-kota besar."

Sebuah realita yang INNOCENTI angkat dalam single ini merupakan sebuah pesan, sikap, semangat serta dukungan untuk mereka yang tertindas agar bangkit dan terus berjuang untuk kesejahteraan mereka. "Hadapi semua, congkaknya dunia. Berikan sesama tempat 'tuk berpijak," seperti dikutip dari salah satu lirik lagu "Insan Loba".

Sebagai konsistensi INNOCENTI dalam menyuarakan hal tersebut, ditunjukkan dengan merilis single Insan Loba pada Hari Buruh Sedunia, 1 Mei 2013. Tepat di tanggal tersebut, INNOCENTI beserta kawan-kawan dari komunitas skuter Warriors Jakarta menggelar aksi damai berskuter di sekitar Bundaran HI. Kami pun membagikan stiker dan flyer berisikan sebuah pesan singkat berupa kutipan dari lirik Insan Loba.

Aksi ini menjadi salah satu wujud apresiasi INNOCENTI pada kaum kelas pekerja, yang juga bagian dari kehidupan para personil INNOCENTI. Momen ini sekaligus sebagai pembuka rangkaian tur INNOCENTI yang akan diselenggarakan di bulan Mei ini dengan title INNOCENTI MAYDAY TOUR 2013. Dimulai dari Bali (Minggu, 12 Mei 2013) – Jakarta (Sabtu, 18 Mei 2013) – Surabaya (Sabtu, 25 Mei 2013) - Malang (Minggu, 26 Mei 2013) lalu kembali ke Jakarta pada Jumat, 31 Mei 2013.

Lagu Insan Loba digarap oleh Vokalis - Dizan Rilitanto, Gitaris - Trisno Agung, Bassis - M. Brama, Drummer - Imam Agnianto, Bariton Saxophone - Daniel Sukoco dan Trombone - Fajar R Timmy. Dalam proses rekaman, INNOCENTI dibantu oleh Andini R pada vokal latar, Taufik Alkatiri pada trumpet, Zeemo pada piano dan keyboard, di Ptiga5 Studio, Jakarta. Tata suara, mixing dan mastering pada lagu ini dipercayakan kepada Zeemo.

Melalui single Insan Loba, INNOCENTI berharap semoga pelanggaran hak yang terjadi dari keserakahan individu atau kepentingan golongan dapat berkurang. Khususnya kaum-kaum yang terpinggirkan seperti kelas pekerja yang menjadi bagian dari identitas INNOCENTI sendiri. 

 

Rubrik ini bekerja sama dengan komunitas skuter Warriors

Facebook: Warriors Jakarta 

Twitter: @warriors_jkt 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement