Senin, 30 Safar 1436 / 22 Desember 2014
find us on : 
  Login |  Register

Lowrider Itu Sepeda Aksi!

Jumat, 27 September 2013, 17:13 WIB
Komentar : 1
YouTube
SIL-BC mengikuti 'test drive' dalam rangka 'Junio Cycle Fest 2013'.
SIL-BC mengikuti 'test drive' dalam rangka 'Junio Cycle Fest 2013'.

Lowrider itu sepeda aksi! Bukan sepeda atraksi apalagi sepeda prestasi. Banyak orang mengategorikan sebuah sepeda dengan jarak kayuh, sudah sampai kota mana saja dengan sepedamu, berapa kecepatan rata-ratanya, sudah ikut ajang lomba apa saja, atau bisa digunakan untuk aksi dan bergaya apa saja sepeda kita.

Semua kategori tersebut, tidak berlaku untuk sepeda jenis lowrider. Lowrider hanya sepeda untuk aksi saja, di mana yang menaikinya merasa bangga dan bergaya sekali saat mengayuh lowrider-nya. Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa lowrider itu sepeda untuk meningkatkan rasa percaya diri (encouraging self esteem). Belum tentu fungsi ini dimiliki oleh sepeda jenis lain, yang umumnya mengandalkan merek, harga beli, merek sparepart dan mahalnya keseluruhan harga sebuah sepeda.

Dengan demikian, sangat sulit menerapkan kategori-kategori umum yang sesuai anggapan masyarakat awam pada sepeda lowrider ini. Untuk jarak, lowrider memang tidak dirancang untuk putaran roda yang dapat berputar cepat dan sejauh mungkin dalam sekali kayuh. Lowrider tidak butuh kecepatan standar dalam menempuh suatu jarak tertentu, seperti kendaraan bermotor lainnya yang punya standar kecepatannya beberapa kilometer per jam.

Jarak yang ditempuh dalam lowrider tergantung kekuatan dan kesehatan dengkul pengendaranya. Justru, lowrider dirancang untuk dikayuh secara santai dan pelan-pelan saja tanpa merasa harus diburu oleh lawan, sehingga kenikmatan mengayuh pedalnya sangat terasa di sekujur tubuh pengendaranya. Cukup itu saja.

Kali ini, Sweet Iron Lowrider diajak bekerja sama dengan salah satu Event Organizer (EO), guna turut menyukseskan acara Junio Cycle Festival 2013 pada hari Minggu (29/9) di Plaza Barat Senayan Jakarta. Di antara acara yang diselenggarakan, yakni unjuk kemampuan atau atraksi dari komunitas sepeda yang diundang dalam promosi acara ini.

Komunitas Sepeda BMX Jakarta dengan mudah melompati 10 orang yang berbaring, atau seorang yang bersembunyi di balik sepeda motor. Sepeda Goyang (Swing Bike) juga dengan mudah meliuk-liukkan sepeda mereka melewati orang-orang yang berbaring. Komunitas sepeda freestyle dan fixie pun dengan mudah menjungkirbalikkan sepeda mereka sebagai ajang atraksi bersepeda. Giliran sepeda lowrider diminta unjuk atraksi, justru malah bikin kami bingung karena lowrider dibuat tidak ditujukan untuk memperagakan atraksi bersepeda.














Kami hanya dapat memperagakan kemampuan kreasi kami dalam membuat sepeda. Namun demikian, kami tetap dapat berpartisipasi di acara promosi ini dengan menunjukkan lowrider kami yang beroda 3 (Trike), lowrider versi Belanda (Basman), dan lowrider orisinal bermerek Felt dilengkapi dengan ban donat (ban besar). Pada dasarnya, sepeda-sepeda ini dapat membuat penonton yang hadir saat itu takjub dan tercengang, bahkan sebagian justru baru mengetahui adanya perkembangan pesat di kalangan penggemar sepeda lowrider dan sepeda kastem di Indonesia.

 

Djoko A. Nugroho

Rubrik ini bekerja sama dengan Sweet Iron Lowrider Bicycle Community
Blog: sweetiron123.blogspot.com
Facebook: SWEET IRON LOWRIDER
Twitter: @SIL_BC
Youtube: omdjoko

Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: Jadilah. Lalu jadilah ia. (QS.Al-Baqarah [2]:117)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Kiprah Gamelan Sari Raras di California
CALIFORNIA -- Gamelan Sari Raras yang merupakan bagian dari Departemen Musik, University of California Berkeley (UC Berkeley). Dibentuk sejak tahun 1988 oleh Midiyanto,...