Kamis 01 Aug 2013 10:42 WIB

PPI Yaman Akan Gelar Simposium Nasional

Yaman
Foto: ceegaag.net
Yaman

Dalam rangka Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-68 dan Hari Ulang Tahun Persatuan Pelajar Indonesia di Yaman (PPIY) ke-12, Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPIY akan menyelenggarakan acara Simposium Nasional 2013 pada 19–22 Agustus 2013 di Provinsi Hadhramaut, Yaman. Tema yang diusung yakni "Kesenjangan antara Nilai Kebangsaan dan Realitas Kehidupan Bangsa".

Menurut Ketua Umum DPP PPIY Muhammad Khoiruz Zadit Taqwa, kegiatan ini merupakan upaya untuk terus meneguhkan komitmen kepada bangsa. Selain itu, juga untuk membangun jaringan komunikasi para intelektual muslim muda Indonesia yang berada di Yaman, untuk bersama-sama bertukar pikiran mencari dan memecahkan berbagai permasalahan aktual yang terjadi di Indonesia.

Simposium tersebut akan diisi dengan berbagai seminar dengan pembicara dari beberapa tokoh nasional dan ulama Yaman. Aneka tema dalam seminar ini yakni "Kesenjangan antara Nilai Kebangsaan dan Realitas Kehidupan Bangsa", "Peran Aktif Perhimpunan Pelajar Indonesia dalam Menjaga Integritas Bangsa Indonesia di Kancah Nasional dan Internasional" dan "Toleransi antar Umat Beragama".

Sekitar 500 pelajar Indonesia di Yaman dan beberapa tamu undangan akan hadir dalam acara yang juga akan diisi dengan pentas seni dan budaya oleh Dapur Theater Yaman, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hudaidah, DPW Hadhramaut dan DPW Zabid. Kemudian acara akan diakhiri dengan Musyawarah Besar ke-XII PPI Yaman.

Saat ini jumlah pelajar Indonesia di Yaman hampir mencapai 2000 pelajar. Mereka tersebar di beberapa lembaga pendidikan, baik universitas atau pesantren di berbagai wilayah Yaman yang meliputi Hadhramaut, Hudaidah, Zabid, Aden, Sana’a, Ma’rib, Taiz, Sha’dah, dsb.

"Diadakannya Simposium Nasional ini, diharapkan menjadi sebuah langkah untuk mempersatukan dan memperkuat ikatan pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berada di Yaman, meneguhkan rasa nasionalisme, serta membangun hubungan kerja sama konkret untuk memberikan sumbangan riil kepada bangsa demi kemajuan dan kesejahteraan tanah air Indonesia," ungkap Zainal Fanani selaku Ketua Panitia Pelaksana Simposium Nasional 2013 PPI Yaman.

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement