Rabu 19 Jun 2013 11:50 WIB

PPI Yaman Gelar Peringatan Isra Miraj, Semeriah Apa Ya?

PPI Yaman peringati Isra Miraj.
Foto: PPI
PPI Yaman peringati Isra Miraj.

Departemen Pendidikan dan Dakwah bekerja sama dengan Departemen Seni dan Budaya Dewan Pengurus Wilayah Hadhramout PPI Yaman menggelar acara peringatan Isra Mi’raj di Convention Hall Mashbah Al Maher, Tarim, Hadhramaut, Yaman pada Kamis (6/6). Acara bertema "Refleksi Isra Mi’raj dalam Membangun Kesalehan Sosial" ini, dihadiri oleh delegasi dari lembaga pendidikan serta perwakilan dari organisasi pelajar dan kedaerahan yang ada di Tarim.

Dalam sambutannya, Ketua DPW Hadhramout PPI Yaman Pandi Yusron mengatakan, "Memaknai Isra Mi’raj tidak hanya membaca peninggalan karya para ulama sirah saja. Namun disamping membaca, juga bisa kita kemas dalam bentuk lain, seperti diskusi ilmiah, baca puisi, refleksi audio visual dan masih banyak lagi yang lainnya".

Acara yang berlangsung meriah ini terdiri dari beberapa sesi. Diawali dengan pembacaan maulid nabi, kemudian dilanjutkan dengan menggelar diskusi ilmiah. Hadir sebagai narasumber, Noor Salikhin, selaku Kepala Departemen Pendidikan Asosiasi Mahasiswa Al-Ahgaff (AMI Al-Ahgaff) yang memaparkan makalah berjudul "Problematika Penerapan Pidana Islam di Indonesia". Turut hadir pula sebagai pembanding, Nuril Izza, selaku mantan anggota Departemen Pendidikan dan Dakwah PPI Yaman periode 2011-2012.

Dalam paparannya, narasumber mencoba menampilkan beberapa bukti sejarah mengenai paradigma penerapan hukum Islam di Indonesia. Menurutnya, setidaknya ada dua alasan mengapa hukum pidana Islam saat ini kurang diterima di kalangan umum. Pertama, asumsi yang sudah terlanjur berkembang di tengah masyarakat. Dan yang kedua, ketidaktahuan para penegak hukum dalam menerapkan hukum pidana Islam itu sendiri.

Selepas diskusi, penampilan baca puisi semakin melengkapi kemeriahan acara malam itu. Puisi yang bercerita tentang peristiwa Isra Mi'raj ini dibawakan langsung oleh Abdul Muhith, pemenang juara I lomba baca puisi yang diadakan oleh DPW Hadhramout PPI Yaman pada 21 Februari lalu. Gaya pembawaan puisi yang khas, membuat para hadirin tercengang terhanyut dalam suasana hening penuh khidmat.

Seusai penampilan puisi, acara diramaikan dengan pembagian doorprize untuk para peserta. Acara diakhiri dengan pemutaran video dokumenter persembahan dari PPI Yaman tentang refleksi Isra Mi’raj yang dikemas dalam "Video Khazanah Ide PPI Yaman". 

Alfin-MR

PPI Yaman

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement