Selasa 30 Oct 2012 08:07 WIB

Pesan Mahasiswa Indonesia di Belanda

sumpah pemuda
sumpah pemuda

REPUBLIKA.CO.ID,Sumpah Pemuda tahun 1928 adalah semangat zaman (zeitgeist) putra-putri Indonesia yang menjadi inspirasi bagi kerja-kerja luar biasa dan berbuah kemerdekaan di tahun 1945.

Saat itu isu persatuan nasional menjadi tantangan utama bagi bangsa ini yang sedang mencari identitasnya dan mempertegas jati dirinya. Semangat zaman adalah immaterial resource yang jauh lebih hebat dari sekedar modal materi dan kekayaan alam. Sebab sekedar materi tanpa semangat dan ruh tidak akan membawa perubahan signifikan bagi nasib suatu bangsa.

Untuk menemukan kembali semangat dan mereaktualisasikan Sumpah Pemuda, maka PPI Belanda mengadakan acara Lingkar Inspirasi dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober di kota Utrecht. Segenap pelajar Indonesia dari seluruh Belanda berkumpul, berpikir, dan berdiskusi tentang semangat zaman yang penting dimiliki, khususnya oleh generasi muda. Agar bisa menjawab segala tantangan dan permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini.

Indonesia bukan hanya memiliki kekayaan alam yang berlimpah, tapi juga kekayaan budaya, sejarah yang hebat, serta sumber daya manusia yang potensial. Tidak sedikit putra-putri bangsa yang hari ini berprestasi dan berbuat banyak di dunia.  

Kami melihat bahwa korupsi adalah akar masalah yang merusak dan menghancurkan sendi-sendi kehidupan bangsa. Karena korupsi lah rencana dan kebijakan dibuat asal-asalan. Karena korupsi lah aturan dan hukum dilanggar. Karena korupsi pula pembangunan terhambat. Karena korupsi juga hak-hak rakyat tidak tertunaikan. Dan karena korupsi juga disintegrasi bangsa terjadi. Ini adalah zaman di mana segenap rakyat Indonesia sangat merindukan kehadiran pemimpin yang bersih dan jujur. Kami menyadari bahwa pemimpin yang jujur bukan sesuatu yang turun dari langit. Pemimpin seperti itu akan dilahirkan dari keinginan dan perjuangan sungguh-sungguh  untuk kehidupan yang jujur.

Oleh karena itu, pertama, kami mengajak seluruh generasi muda agar menjadikan kejujuran sebagai nilai yang kita junjung tinggi. Kejujuran sebagai semangat zaman yang akan menjadi episentrum perubahan menuju Indonesia yang bermartabat.

Kedua , kami mengajak seluruh generasi muda untuk berani untuk memelopori perubahan. Tentunya dengan kebersamaan, keberanian untuk memelopori perubahan akan menjadi lebih kuat lagi. Keberanian ini dapat diaktualisasikan dalam semua konteks; keberanian menawarkan ide dan solusi, keberanian untuk menjadi trendsetter kebaikan, maupun keberanian untuk memiliki mimpi dan cita-cita serta berjuang sungguh-sungguh dalam mewujudkannya.

Mari kita membuat Indonesia tersenyum.

28 Oktober 2012

Sekjen PPI Belanda

Ridwansyah Yusuf Achmad

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

sumber : PPI
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement