Kamis 10 May 2012 15:55 WIB

Menimba Ilmu di Pakistan (2)

IIUI, Sebuah universitas Islam berskala internasional
Foto: i1.tribune.com.pk
IIUI, Sebuah universitas Islam berskala internasional

International Islamic University Islamabad (IIUI) didirikan di Islamabad pada 11 November 1980 M, bertepatan dengan 01 Muharram 1401 H. Dalam bahasa Pakistan, biasa disebut Baina el-Aqwâm Islami University atau Universitas Antar Bangsa. 

Universitas ini dibangun atas aspirasi dan hasrat negara-negara muslim, yang menginginkan terbentuknya sebuah Universitas Islam berskala Internasional sebagai simbol dari sebuah kebangkitan Islam universal. Di mana program pendidikannya, lebih diprioritaskan pada Islamic Studies dengan sistem pendidikan modern yang berpijak pada Alquran dan Assunnah. 

Seiring dengan perkembangan zaman, IIUI mulai melebarkan sayap dan membuka beberapa fakultas umum. Dalam sistem pendidikan dan pengajaran, IIUI menjadikan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan. 

Ketika didirikan pada zaman pemerintahan Jendral Zia-ul-Haq, IIUI belum memiliki kampus sendiri dikarenakan keterbatasan dana. Maka, pemerintah Pakistan ketika itu memberikan tempat sementara untuk IIUI di pinggiran kota Islamabad, menyatu dengan Masjid Faishal (sebuah bangunan hasil arsitektur Mr.Veda Dolokey dari Turki). Masjid tersebut menempati area seluas 189,705 meter persegi, serta dapat memuat 200 ribu orang. 

Sejak awal berdirinya hingga sekarang, tak kurang 56 negara baik dari negara muslim maupun nonmuslim pernah menimba ilmu. Sejak tahun 2001, IIUI telah resmi menempati kampus baru (new campus) di kota Islamabad juga. Sementara, kampus lama masih digunakan oleh Islamic Research Institute (IRI) dan Academy dakwah juga Shariah Academy.

Tujuan didirikannya universitas ini, yaitu untuk mencetak individu dan masyarakat yang siap mengabdikan diri dalam melakukan pembaharuan di segala bidang. Tentunya dengan bingkai nilai dan spirit Islam yang tercermin dalam setiap pribadi pelajar ataupun staf pengajar, serta sistem pendidikan yang diterapkan. Sehingga, yang menonjol dari sistem pendidikan di IIU ini adalah, penggabungan antara sistem pendidikan kalsik (turats) dan modern.

IIUI memiliki struktur organisasi yang disebut dengan Majelis al- Umana (Board of Trustees), yang memegang otoritas kebijakan mengikat atas perjalanan IIUI. Presiden Pakistan langsung menjadi penasehat dari Majelis ini. Sedangkan, untuk kepengurusan hariannya dipimpin oleh seorang Rektor dan Presiden serta Wakil Presiden. Adapun Presiden IIUI sekarang yakni Prof. Dr. Anwar Hussain Siddique.

Firman Arifandi

Tulisan ini adalah revisi dari tulisan berjudul 'Menimba Ilmu di Pakistan' (2006) oleh Muladi Mughni

 

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement