Senin 23 Sep 2013 17:26 WIB

Keempat Fans Dubber Ini Mewujudkan Mimpinya Menjadi Dubber

Praktik sulih suara Komunitas Dubbing & Friends.
Foto: Dubbing & Friends
Praktik sulih suara Komunitas Dubbing & Friends.

Menjadi seorang 'Fans Dubber', ternyata tidak menutup kemungkinan untuk dapat men-dubbing sebuah film. Bisa jadi orang tersebut akan menjadi dubber untuk film luar negeri ataupun lokal, memerankan peran utama ataupun hanya sekadar figuran.

Seperti misalnya keempat wanita ini, sebut saja mereka Kuo, Asri, Hanie dan Marin yang mengaku sudah pernah merasakan atmosfer mendebarkan Dunia Dubbing. Keempat wanita ini mengaku baru beberapa kali mendapatkan kesempatan 'take', untuk mengisi beberapa peran dari animasi animasi lokal seperti THE ADVENTURE OF WANARA, ABUNAWAS, dan animasi-animasi lokal lainnya dari LANTING STUDIO. Bahkan, ada juga yang berkesempatan men-dubbing game karya anak bangsa berjudul INHERITAGE.

"Waktu pertama kali yah.. grogi, tegang, gugup. Rasanya nge-blank ga tahu mau ngapain.. line yang udah diinget tiba-tiba lenyap. Suara yang udah dilatih tiba-tiba gak tahu kemana," ucap Asri, yang merupakan pengisi karakter Khaula dalam game Inheritage.

Penggemar Dubber kondang Hana Bahagiana (Naruto) dan Hilman (Sasuke) ini, awalnya mengikuti audisi pemilihan suara game tersebut untuk sekadar iseng-iseng. Namun, ternyata dari keisengannya itu justru dia berhasil terpilih.

"Tegang, deg-degan, gak nyangka, karena jadi dubber cita-cita dari kecil," ucap Hanie saat ditanya perasaannya ketika berhadapan dengan mic.

Awalnya, dia disarankan oleh temannya agar masuk grup komunitas Dubbing And Friends. Akhirnya, dari situlah dia berhasil mendapatkan informasi Casting Dubber dan berhasil terpilih untuk memerankan karakter di animasi ABUNAWAS.

"Mau nangis rasanya.. pengen meluk mic saking bahagianya," ucap Marin dengan antusiasnya yang menempatkan dubber senior Ade Basuki (Captain Tsubasa) sebagai panutannya.

Hampir sama dengan Hanie, awalnya dia diberitahu bahwa ada komunitas pencinta sulih suara Indonesia. Setelah dia bergabung, akhirnya dia mengikuti casting dan berhasil memerankan beberapa karakter di salah satu animasi lokal.

"Mau Lagi dong, masa gitu doang... Aku ga suka berhenti di situ doang.. masih banyak yang bisa dipelajari..." tutur Kuo yang berhasil memerankan Naradja di film animasi lokal berseri THE ADVENTURE OF WANARA.

Wanita yang satu ini mengaku tidak begitu tegang saat pertama kali dubbing, "Sebetulnya biasa saja.. sudah tidak asing karena dulu sering berhadapan dengan mic, karena pernah nge-band, paduan suara dan lain-lain."

Rubrik ini bekerja sama dengan Komunitas Dubbing & Friends

Group

@dnf_indo

SoundCloud

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement