Rabu , 06 December 2017, 21:05 WIB

IKLB-Jabar Promosikan Seruit di Bandung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hazliansyah
dokumen heru cs
Seruit, Makanan Keakraban Lampung (ilustrasi).
Seruit, Makanan Keakraban Lampung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Ikatan Keluarga Lampung Bandung Jawa Barat (IKLB-Jabar) fokus dalam mewujudkan ekonomi kreatif, dengan membuka ruang usaha kuliner coffee resto di Bandung, dengan menu andalan asal Lampung yakni Seruit dan kopi asli Robusta.

Ketua IKLB-Jabar Syafrial mengatakan, masa depan Indonesia salah satunya ada di industri kerajinan dan industri kreatif. Mulai dari membuka usaha kuliner, kerajinan tangan, musik, film dan digital.

"Selain dalam rangka mempromosikan masakan atau makanan khas lampung, kami juga sedang mempersiapkan Galeri Lampung yang nantinya akan berada di lantai atas," kata Syafrial dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (6/12).

Ia mengatakan, banyak hasil hasil kerajinan khas Lampung yang berkembang saat ini dengan beragam variasinya. IKLB-Jabar membuka ruang kepada seluruh dinas terkait seperti Disbudpar, Disdikbud atau Disperindag serta Dinas Koperasi kota dan kabupaten se- Provinsi Lampung untuk bermitra mempromosikan seluruh kerajinan unggulan melalui Galeri Lampung IKLB di Bandung.

IKLB-Jabar bersedia membantu solusi mendistribusikan pemasaran produk kerajinan UKM di Lampung, sehingga alur bisnis usaha UKM bisa berjalan lancar sesuai harapan. Menurut Syafrial, kualitas industri kreatif Lampung sudah cukup baik dan memenuhi standar nasional maupun internasional.

"Tetapi kualitas saja tidak cukup. Catatannya adalah produk-produk itu masih sulit diakses pembeli. Bahkan banyak yang belum tahu produk-produk khas Lampung yang dicarinya itu berada di luar Lampung," ujarnya.

IKLB-Jabar harus menjemput bola pada para konsumen, apalagi interaksi dengan pembeli sekarang jauh lebih mudah, terlebih dengan adanya jaringan internet.

IKLB-Jabar mempersiapkan website yang dikelola dengan baik dan menarik untuk mempromosikan semua kerajinan khas Lampung via daring di galeri yang akan diluncurkan di Ruko Bisnis BBCA kav 20 Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, pada Junuari 2018.


Berita Terkait