Selasa , 31 October 2017, 16:12 WIB

WITT Dukung Langkah Pemerintah Naikkan Cukai Rokok

Red: Hazliansyah
ist
Ketua Umum Wanita Indonesia Tanpa Tembakau, Titi Hatta
Ketua Umum Wanita Indonesia Tanpa Tembakau, Titi Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita Indonesia Tanpa Tembakau mendukung langkah pemerintah dalam menaikan cukai rokok setiap tahunnya sebagai cara yang paling efektif dalam menghambat laju pertumbuhan perokok terutama di kalangan anak.

"Kebijakan cukai rokok yang tinggi adalah Pro Rakyat, Pro Anak, Pro Ekonomi Negara, Pro Kesehatan dan dapat membuat bangsa Indonesia lebih kompetitif," ujar Ketua Umum Wanita Indonesia Tanpa Tembakau, Titi Hatta, Selasa (31/10).

Ia mengatakan, penyebab utama meningkatnya jumlah perokok adalah karena harga rokok di Indonesia begitu murah dan mudah diakses dimana saja. Perokok anak di Indonesia tidak hanya semakin banyak tetapi usia mulai merokok juga semakin muda.

"Untuk itulah menyikapi kebijakan pemerintah untuk menaikan cukai rokok tiap tahunnya, kami dari WITT sangat mengapresiasi keputusan tersebut," ujar Titi.

Namun sangat disayangkan, lanjut Titi, kenaikan cukai yang pada dasarnya bertujuan untuk menekan konsumsi rokok tembakau saat ini. Untuk itu pihaknya sangat mendukung pemerintah untuk menaikan harga rokok setinggi mungkin.

"Sehingga tidak lagi terjangkau untuk anak-anak dan rakyat miskin yang semakin dimiskinkan karena candu dan dampak buruk rokok," kata dia.  

Ia berharap dukungan ini bisa menambah keyakinan pemerintah untuk bisa menaikan harga cukai rokok setinggi-tingginya.