Selasa , 25 April 2017, 15:16 WIB

Berbagi Solusi Dunia Kerja dalam Sarasehan Karier AMIK BSI Karawang

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
AMIK BSI Karawang menggelar sarasehan dengan dunia industri.
AMIK BSI Karawang menggelar sarasehan dengan dunia industri.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Terjalinnya hubungan baik antara dunia pendidikan dengan dunia industri merupakan syarat utama untuk mencapai tatanan masyarakat yang sejahtera. Begitu  halnya dengan kampus AMIK Bina Sarana Informatika (BSI) Karawang yang mengadakan sarasehan dengan beberapa perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan AMIK BSI Karawang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan kampus AMIK BSI Karawang, Jalan Banten No. 1, Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2017).

Koordinator BSI Career Center (BCC) AMIK BSI Karawang Taskum Setiadi menjelaskan, tujuan kegiatan ini sebagai upaya AMIK BSI Karawang untuk mengetahui lengkap tentang kriteria keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan yang diutarakan langsung dari perwakilan perusahaan.
Menurutnya, kegiatan ini juga sejalan dengan visi kampus yang menekankan pada terbentuknya kampus tingkat akademi yang dipercaya masyarakat sebagai akademi yang lulusannya mudah mendapatkan perkerjaan.

Taskum menambahkan, AMIK BSI Karawang melalui BSI Career Center (BCC) konsisten dari tahun-tahun sebelumnya selalu mengadakan program kerja  yang memaksimalkan penyerapan lulusannya di dunia kerja, baik di bidang produksi maupun  jasa.

Lebih lanjut Taskum menjelaskan, sedikitnya ada tujuh perusahaan ikut serta pada sarasehan tersebut. Ketujuh perusahaan tersebut adalah Central Sentosa Finance, Hotel Grand Karawang Indah, Hotel Grand Pangestu, Prabupura motor, Radar Karawang, Adira Finance, dan Farina  Beauty Center.

“AMIK BSI Karawang merasa beruntung bisa mendapatkan saran secara langsung dari perwakilan perusahaan yang berperan merekrut pegawai, dan pastinya hai ini bisa menjadi aspek pendukung utama untuk kemajuan kita,” ungkap Taskum.


Sementara Agus, perwakilan Hotel Grand Karawang mengungkapkan, perusahaan sangat senang dengan  diadakannya acara sarasehan tersebut.  “Melalui kegiatan ini, kita bisa berbagi informasi tentang tuntutan dunia kerja terutama di bidang servis dan perbankan karena banyak sekali kriteria yang harus dipenuhi para calon pekerja, dan BSI mempunyai peran penting untuk memenuhi kriteria tersebut. Kami juga berharap BSI  dapat memerhatikan kurikulum peningkatan soft skill yang berimbas pada mental lulusan yang tahan banting dalam menghadapi tuntutan kerja,” kata Agus.

Direktur AMIK BSI Karawang Ahmad Setiadi M Kom yang juga hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan sarasehan tersebut akan menjadi agenda rutin AMIK BSI Karawang yang akan diadakan minimal satu kali dalam satu semester.

“Hal itu mengingat pentingnya mengetahui kebutuhan perusahaan secara berkala dan up to date dalam perekrutan tenaga kerja karena dunia kerja pasti akan berkembang setiap saat,” ungkap Adi.

Hasil obrolan santai tersebut dapat disimpulkan  pada peningkatan mutu lulusan yang berbasis sertifikat keahlian, seperti aplikasi zahir, oracle, perpajakan dan keahlian lainnya.