Jumat , 23 December 2016, 19:26 WIB

Sebelum Lulus Kuliah, Mahasiswa AMIK BSI Karawang Ikuti Seminar Karier

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Suasana workshop karir AMIK BSI Karawang.
Suasana workshop karir AMIK BSI Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Akademi Manajemen Informasi dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) Karawang melalui BSI Career Center (BCC)  menggelar workshop karir di Aula AMIK BSI Karawang kampus B (BSI Square Cikampek), Jalan Ir. H. Juanda nomor 17, Kotabaru - Karawang, Jawa Barat, Rabu (21/12/2016).

Workshop career yang bertema “Membangun Persiapan Kualitas Diri Untuk Berkompetisi Dalam Menghadapi Tantangan Karir di Era Teknologi” itu dihadiri oleh mahasiswa tingkat akhir Program Studi Komputerisasi Akuntansi dan Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Karawang. Workshop menampilkan  Winny Rukmini sebagai nara sumber. Ia seorang  psikolog, tester, observer, evaluator perekrutan karyawan perusahaan ternama di Karawang.

Dalam kesempatan tersebut,  Winny mengajak mahasiswa untuk mengoptimalkan potensi diri dalam menghadapi dunia karir terutama di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  Sebelum mahasiswa lulus kuliah, katanya, setidaknya telah mengetahui kompetensi yang dimiliki.

Hal itu, kata dia, merupakan hal yang mendasar dan penting saat memilih perusahaan untuk melamar pekerjaan. “Selain itu, juga dapat bersaing dengan para pelamar kerja dari perguruan tinggi lainnya yang berasal dari dalam maupun luar negeri,” tutur Winny.

Selain itu, Winny juga memberikan tips untuk mencari lowongan pekerjaan secara online. Ia juga  memberikan tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Panitia Pelaksana Workshop Awan Setio mengatakan,  workshop karir tersebut  merupakan salah satu upaya AMIK BSI Karawang untuk memberikan bekal bagi mahasiswa sebelum lulus kuliah, sehingga mahasiswa siap untuk bersaing di dunia kerja.

“Diharapkan ilmu yang diperoleh mahasiswa, dapat menjadi motivasi dan bekal untuk siap menghadapi persaingan di dunia kerja nantinya,” ujar Awan Setio.