Jumat , 03 Juni 2016, 18:48 WIB

AMIK BSI Pontianak Kembali Gelar Seminar Karier

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Para mahasiswa AMIK BSI Pontianak mendengarkan pemaparan nara sumber seminar karir yang digelar di Pontianak, Rabu (1/6).
Para mahasiswa AMIK BSI Pontianak mendengarkan pemaparan nara sumber seminar karir yang digelar di Pontianak, Rabu (1/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) kampus Pontianak kembali menyelenggarakan seminar karier. Acara yang  mengusung tema “Exceed Your Boundaries” ini mengungkap sukses jenjang karier marketing hingga menjadi orang penting.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula BSI Pontianak, Rabu (1/6). Acara dihadiri 177 peserta. Mereka adalah mahasiswa  semester akhir program studi Manajemen Informatika AMIK BSI Pontianak.

Koordinator BSI Career Center (BCC) Pontianak Reza Maulana mengatakan bahwa persaingan dunia kerja sekarang ini sangat ketat. Para mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk mengasah keahliannya sehingga mampu bersaing di dunia kerja. Salah satunya dengan mengikuti seminar karier yang rutin diadakan oleh BCC.

“Ini merupakan tanggung jawab BCC dalam mempersiapkan anak didik, meningkatkan kualitas diri para mahasiswa  sebelum memasuki dunia kerja,” ujar Reza Maulana.

Seminar tersebut menampilkan dua narasumber yang kompeten dari Bank Mandiri, yakni Ichsan Widyantoro (relationship manager) dan Gusti Deny Suhendra (customer service administration). Seminar berlangsung sangat interaktif. Mahasiswa sangat antusias mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh kedua pembicara.

Ichsan memaparkan tujuh soft skill yang sangat diperlukan perusahaan, yakni communication, adaptable, confident and willingnes to learn, creative thinker/innovator, team work, problem solver and accept feedback. “Saat ini saingan kalian itu tidak hanya dari Indonesia saja namun juga orang-orang asing,” jelasnya.

Ichsan berpesan kepada mahasiwa, saat ini yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas diri dengan mengasah kemampuan yang ada atau mengembangkan kemampuan lainnya. “Yang terpenting cepat tangkap peluang yang ada di depan mata," papar Ichsan.

Reza berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, seluruh mahasiswa BSI Pontianak khususnya mahasiswa semester akhir dapat lebih mematangkan persiapan diri. Selain itu, termotivasi mempersiapkan jenjang karier setelah lulus serta mempunyai gambaran awal mengenai dunia kerja khususnya di bidang marketing ataupun perbankan.