Senin , 17 May 2010, 22:49 WIB

Dua Bandara di Belanda Menyusul Ditutup

Rep: wulan tunjung palupi/ Red: Ririn Sjafriani

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM--Bandar udara di Amsterdam dan Rotterdam akan ditutup sedikitnya delapan jam sejak pukul 06.00 pagi waktu setempat, Senin (17/5), akibat awan abu vulkanik dari Islandia.

Siaran televisi Belanda melaporkan selain di dua kota tersebut bandara di kota lainnya tidak akan terpengaruh. Namun ditutupnya dua bandara tersebut akan membuat lalu lintas udara di kota-kota lainnya menjadi amat padat.

Bandara Schiphol Amsterdam adalah bandara kargo terbesar ketiga teresar di Eropa dan bandara penghubung terebsar kelima di benua tersebut.

Dalam pernyataan di situsnya, maskapai penerbangan terbesar Belanda, KLM mengatakan mereka tengah membuat rencana pengalihan untuk semua penerbangan yang terpengaruh dari ditutupnya bandara Amsterdam.

Inggris dan Belada adalah dua negara Eropa yang menyatakan menutup beberapa bandaraya pada awal pekan ini. Lebih dari 100.000 penerbangan dibatalkan di Eropa bulan lalu karena abu dari gunung berapi Islandia. Asosiasi Penerbangan Internasional menyatakan jutaan orang terdampar dan perusahaan penerbangan mencatat kerugian setidaknya sebanyak 1,7 miliar dolar.

Sumber : reuters

Berita Terkait