Jumat , 28 May 2010, 23:42 WIB

Sulit Dipercaya, Beruang Hitam Bisa Gerakan Tongkat ala Kungfu

Red: Ririn Sjafriani
screenshot/youtube.com
Beruang hitam asal Jepang, Claude tengah memutar tongkat kayu ala kungfu.
Beruang hitam asal Jepang, Claude tengah memutar tongkat kayu ala kungfu.

REPUBLIKA.CO.ID, HIROSHIMA--Video yang menayangkan seekor beruang hitam Asia sedang memeragakan gerakan mirip Kung Fu dengan tongkat kayu yang diunggah di Youtube, mendapat respon tinggi dari pengunjung dunia maya.

Beruang tersebut tampak memutar tongkat kayu sepanjang 1,5 meter itu dengan cepat di atas kepalanya, hampir menyerupai gerakan kung fu.

Pada suatu titik, beruang yang bernama Claude itu, bahkan melempar tongkat kayu tersebut ke udara dan menangkapnya kembali.

Video klip berdurasi tiga menit itu difilmkan oleh pengguna Youtube asal Kanada, alexbuzzkentaroguy di Asa Zoo Hiroshima, Jepang. Dia kemudian mengunggahnya ke situs Youtube.

Ahli prilaku binatang, Profesor Marc Bekoff dari University of Colorado mengatakan, klip tersembut tampak nyata.

"Sangat mengagumkan melihat kontrol objek pada binatang itu. Hal ini memang tidak biasa. Namun, jika Anda dapat melatih bola keseimbangan pada hidung anjing laut dan melatih gajah untuk melukis dengan belalai, maka hal itu bukan tidak mungkin," ujarnya.

Bekoff menambahkan, prilaku ini merupakan hasil dari latihan keras dan sulit untuk mempercayai jika kemampuan binatang tersebut dilakukan secara spontan oleh dirinya sendiri.

Dia juga mengatakan, gerakan kungfu dari beruang itu tidak alami dan kemungkinan sang bintang kung fu itu sedang dalam situasi yang sangat membosankan.

Pihak kebun binatang Asa Zoo hingga kini belum mengonfirmasi mengenai keaslian dari video klip tersebut.

Video versi belum edit dari Claude hingga hari Jumat (28/5) telah dikunjungi lebih dari  811 ribu pengunjung.

Sumber : telegraph.co.uk