Ahad 17 Sep 2017 17:20 WIB

Vespa Club Indonesia Meriahkan HUT Yogya

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Hazliansyah
Komunitas pecinta motor vespa (ilustrasi) (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Komunitas pecinta motor vespa (ilustrasi) (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ratusan pecinta dan pemilik vespa melakukan parade untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-261 Kota Yogyakarta. Acara yang dipusatkan di Balaikota Yogyakarta ini juga diikuti komunitas Vespa dari lima Negara yakni dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Tiongkok, Amerika Serikat.

Ketua panitia Vespa Club Indonesia, Frannata Suryanto mengatakan, sebanyak 261 Vespa mengikuti parade vespa berkeliling kota Yogyakarta ini.

"Kegiatan ini dipusatkan di Balaikota Yogya sekaligus untuk menyemarakkan HUT Kota Yogya ke-261," ujar Frannata, Ahad (17/9).

Untuk rutenya sendiri, lanjutnya, pareade vespa dimulai dari Balaikota Yogyakarta menuju daerah Selatan, Jalan Malioboro dan kembali ke Balaikota. Komintas vespa di Indonesia yang hadir rata-rata menggunakan skuter produksi tahun 60-an dan 70-an. Seluruh penggemar Vespa ini sudah mulai meramaikan Yogya sejak Jumat (15/9). Konvoinya sendiri dilaksanakan pada Sabtu (16/9).

Ia menyebut pada acara ini juga terdapat beberapa vespa klasik yang ditampilkan, salah satunya adalah buatan 1950-an dengan tampilan batik. Vespa ini dicanting langsung layaknya mencanting batik.

"Butuh proses dua tahun untuk bisa mencanting seluruh bagian dari vespa," katanya.

Ia mengungkapkan, selama ini komunitas kendaraan dipersepsikan masyarakat sebagai ajang hura-hura. "Namun kali ini kami ingin menunjukkan bahwa seluruh kegiatan kami bertujuan positif," ujar dia.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang pada kesempatan tersebut juga ikut berkeliling kota Yogya dengan menggunakan vespa mereka.

Menurut Walikota sebagai bagian dari komunitas otomotif, Vespa Club Indonesia telah memiliki reputasi yang cukup baik khususnya dalam menghimpun para penggemar.

"Banyak hal telah dilakukan yang diharapkan memberi kemanfaatan bukan hanya bagi anggota komunitas, akan tetapi juga bagi masyarakat umum, termasuk dalam upaya-upaya mengkampanyekan tentang safety riding kepada masyarakat, katanya

Ia berharap kegiatan ini mampu menyemarakkan peringatan HUT Kota Yogyakarta dan memberikan warna terhadap pariwisata di Kota Yogyakarta.

"Semoga dengan adanya acara ini mampu mempererat tali persaudaraan di antara para anggota, meningkatkan partisipasi dalam berbagai kegiatan sekaligus memantapkan eksistensi organisasi ke depan," ujar Haryadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement