Kamis , 06 July 2017, 08:34 WIB

Komunitas PPSSC Sukabumi akan Lepas Liarkan Penyu Sisik

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah .
Dokumentasi Kementerian LHK
Penyu Sisik
Penyu Sisik

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Seorang warga Kabupaten Sukabumi menyerahkan seekor penyu sisik atau Eretmochelys imbricate kepada relawan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Sukabumi Rabu (5/7). Rencananya, penyu yang termasuk satwa langka dan dilindungi ini akan segera dilepasliarkan ke habitat asalnya.

"Kami menerima penyerahan penyu dari warga Nagrak, Kabupaten Sukabumi pada Rabu," terang relawan PPSC Sukabumi Ariel Solehudin kepada wartawan Kamis (6/7). Ia mengatakan penyu ini diserahkan warga karena mengetahui satwa tersebut jenis yang dilidungi dan terancam punah.

Menurut Ariel, penyu ini akan segera dilepasliarkan ke habitat asalnya di sekitar Pantai Loji, Kecamatan Simpenan, Sukabumi.
Pelepasliaran penyu ini lanjut dia akan dilakukan pada Kamis dengan dikoordinasikan bersama Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Warga yang menyerahkan penyu, Ganda Sasmita menerangkan, penyu tersebut diperoleh anak dan teman-temannya pada saat berwisata di Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok, Sukabumi pada tiga hari yang lalu.

"Saya terkejut ketika anak saya membawa pulang itu dan segera berkoordinasi untuk menyerahkan kepada petugas agar bisa segera dilepasliarkan ke habitatnya," cetus dia.

Pada saat di rumahnya ujar Ganda, ia berupaya menjaga keselamatan penyu tersebut agar bisa diserahterimakan dalam keadaan sehat. Harapannya kata dia penyu tersebut bisa kembali ke habitat asalnya.