Selasa , 06 Juni 2017, 08:58 WIB

Komunitas Ifthor Rangers Bagikan 23 Ribu Makanan Berbuka

Red: Hazliansyah
thekitchn.com
Makanan yang disiapkan untuk berbuka puasa
Makanan yang disiapkan untuk berbuka puasa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mahasiswa dan masyarakat Bandung yang tergabung dalam Komunitas Ifthor Rangers membagikan 23 ribu paket makanan berbuka puasa pada hari ke-10 ibadah puasa pada Ramadhan 1438 Hijriah.

"Sebanyak 23 ribu paket makanan berbuka untuk masjid di 27 kecamatan se-Bandung Raya," kata Ketua Ifthor Rangers Agis Nurcholis, di Bandung, Senin.

Agis menuturkan kegiatan tersebut bersumber dari niat ikhlas masing-masing anggota dan Komunitas Ifthor Rangers terdiri atas relawan-relawan muda, yang memiliki semangat berbagi.

"Ifthor Rangers adalah sarana untuk mewadahi keinginan menyalurkan makanan berbuka," kata dia.

"Jika ada niat baik tapi tidak memiliki banyak harta, dengan berperan sebagai Ifthor Rangers, sudah termasuk bagian dari memberi makanan berbuka. Ifthor Rangers kini menjadi squad yang dirindukan karena anak-anak kecil dan para jamaah senantiasa menunggu kedatangan mereka, sambil membawa makan berbuka," kata dia.

Menurut dia, memberi makan orang berpuasa memang salah satu amalan yang bermakna tinggi bagi seorang muslim karena dalam hadist shahih, dikatakan bahwa orang yang memberi makan orang yang berpuasa, akan mendapat pahala yang sama dengan orang yang tengah shaum tersebut.

Ia menuturkan, puluhan ribu makanan berbuka yang dibagikan sendiri berasal dari infak masyarakat Bandung, yang disalurkan melalui portal daring (online) berbagibuka.com.

Berbagibuka.com merupakan terobosan aksi sosial, yang memanfaatkan konsep penggalangan dana berbasis portal daring dan lewat berbagibuka.com, donatur dapat memilih sendiri pilihan makanan berbuka untuk disalurkan. Nantinya, makanan akan disalurkan ke ratusan masjid mitra yang tersebar di wilayah Bandung Raya.

Sementara itu, inisiator program tersebut M. Kamal Muzakki mengatakan, program ini adalah wujud upaya bersama dalam memakmurkan kegiatan masjid-masjid di Bandung.

"Ini untuk menumbuhkan rasa berbagi, sekaligus menyemarakkan masjid. Dengan begitu, masyarakat menjadi semangat berbondong-bondong ke masjid," kata Kamal yang juga menjabat sebagai Direktur Rumah Amal Salman ITB.

Hingga kini, ia menilai animo masyarakat cukup tinggi dan pihaknya menargetkan program berbagibuka.com mampu menghimpun hingga 75 ribu paket makanan berbuka senilai Rp1,1 miliar sampai akhir bulan Ramadhan.

"Insya Allah, saya yakin pada Ramadhan ini banyak orang memiliki niat yang baik," kata dia.

Sumber : Antara