Selasa 28 Mar 2017 21:13 WIB

Komunitas Sepeda Tua Makassar akan Gelar Festival

Seorang pemilik persewaan sepeda onthel
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Seorang pemilik persewaan sepeda onthel

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Komunitas Sepeda Tua Makassar (Kostum) akan mengelar Festival Ontel Celebes bersama dengan pelaksanaan kongres pertama kali di Makassar.

"Kegiatan ini akan berlangsung 1-2 April nanti dipusatkan di Benteng Rotterdam Makassar, sebagai rangkaian dari hari lahir Kostum yang ke-12," kata pengurus Kostum Nojeng dalam siaran persnya di Makassar, Selasa.

Menurut Nojeng, kegiatan Festival Ontel Celebes akan diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Sulsel, kemudian Kongres Komunitas Sepeda Tua Indonesia atau Kosti keempat dilaksanakan di Makassar setelah sebelumnya digelar di Pulau Jawa.

Selain itu, Kostum merupakan salah satu klub sepeda tertua di Indonesia dan merupakan barometer partisipasi dan kecintaan terhadap sepeda tua di Indonesia untuk menyongsong kegiatan yang diselenggarakan oleh International Veteran Cycle Asosiation (IVCA).

IVCA merupakan organisasi tertinggi untuk para pencinta sepeda tua di dunia. Diperkirakan ribuan Ontelis dan Ontelista -panggilan bagi pecinta sepeda ontel- dari seluruh pelosok tanah air.

"Di hari pertama 1 April, para Ontelis dan Ontelista akan disuguhi pertunjukan kesenian dan kebudayaan khas Sulsel sebagai bentuk perkenalan kepada suku-suku lain yang hadir pada kegiatan kami dilaksanakan mulai pukul 19.00 WITA di dalam Benteng," katanya.

Kemudian pada hari kedua, 2 April, digelar karnaval atau pawai dimulai pukul 06.00 WITA dengan bersepeda menggunakan sepeda tua di beberapa ruas jalan di Kota Makassar sebagai bentuk eskistensi. Selain bersepeda, para undangan juga akan diperkenalkan beberapa tempat wisata yang telah menjadi ikon Kota Makassar bertajuk "Anging Mammiri" tersebut.

"Seluruh kegiatan utama kita laksanakan di Benteng Pannyua atau dikenal luas sebagai Benteng Rotterdam Makassar. Kami juga sudah menemui Pimpinan DPRD kota serta Provinsi, Gubernur dan Wali Kota untuk mendukung penuh kegiatan ini. Kami berharap semua berjalan dengan baik," harap penyiar radio Gamasi itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement