Rabu 01 Mar 2017 18:07 WIB

120 Duta Medsos Gerakan Pramuka ‎Diharapkan Jadi Kantor Berita Positif

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault bersama anggota Pramuka
Foto: Gerakan Pramuka
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault bersama anggota Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mencanangkan program 120 duta media sosial (Medsos) bagi anggota Pramuka seluruh Indonesia. ‎Salah satu tujuan dan targetnya adalah terbentuk 'Positive Makers' bagi anak-anak Pramuka sesuai dengan tagline-nya.

Mereka akan menjadi duta yang selalu siap membuat dan menyampaikan kabar positif di media sosial. ‎Positive Makers itu bisa berbentuk karya-karya anak bangsa, perilaku-prilaku keteladanan seorang tokoh yang inspiratif, atau cerita kepahlawanan, budaya, pariwisata dan juga kearifan lokal setempat.

‎"Jadi duta-duta medsos ini akan menjadi pembuat hal-hal positif, mengisi konten-konten positif. Targetnya nanti, porsi terbesar medsos di Indonesia didominasi oleh hal-hal yang positif," ujar Wakil Ketua Kwarnas Bidang Renbangma, Kak Marbawi, Selasa (28/2).

Lebih dari itu, Kak Marbawi mengatakan, yang paling fundamental adalah tertanamnya jiwa dan kesadaran ‎bahwa setiap Pramuka adalah kantor berita. Dan mereka bisa mengerjakan itu dengan cara-cara kerja jurnalistik yang benar.

"Bukan hanya hanya sekadar akun, lupakan akun. Tapi jadikan ia sebagai rumah, sebagai kantor berita, sebagai sumber kebajikan‎," jelas Kak Marbawi.

Rencananya, program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dalam hal pembinaan, monitoring, ‎dan evaluasi. Setelah mereka sukses menjadi duta di daerahnya masing-masing, diharapkan pola pikir mereka berkembang informasi yang disampaikan tidak hanya melalui media sosial, tapi juga juga mengunakan medium lain.

"Nanti mereka bisa bikin dan kembangkan sendiri di daerah-daerah cabang sampai Gugusdepan dengan sumber daya sendiri, sehingga akan membentuk kelompok yang berjejaring," jelasnya.

Program 120 Duta Medsos diputuskan pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kwarnas di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur 22-24 Februari 2017. Rakernas dihadiri oleh 34 ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka seluruh Indonesia, dan juga dari unsur Andalan Nasional dan Dewan Kerja.

‎Dalam program Duta Medos ini setiap Kwartir Daerah akan mengirimkan tiga orang. Syaratnya, usia 15-25 tahun dan sepanjang Januari 2016-Juni 2017 sudah mengunggah 20 konten di Medsos tentang pariwisata, produk lokal, kuliner, budaya, dan potensi daerahnya. Transport dan akomodasi selama di Jakarta semua ditanggung oleh Kwarnas.

Nantinya mereka akan dilatih tentang cara membuat konten dan penyebarannya dengan baik dan benar. Program ini akan diadakan pada Juli 2017.

Bagi seluruh anggota Pramuka yang berminat dan memiliki bakat jurnalistik, bisa segera melakukan koordinasi dengan pengurus Kwarda-nya masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement