Selasa , 14 February 2017, 06:07 WIB

WITT Siapkan Pemilihan Duta Antitembakau

Red: Hazliansyah
Republika/Hazliansyah
Wanita Indonesia Tanpa Tembakau siapkan WITT Award dan pemilihan Miss WITT dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2017
Wanita Indonesia Tanpa Tembakau siapkan WITT Award dan pemilihan Miss WITT dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) menyiapkan dua acara besar dalam menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia bulan Mei mendatang dengan memberikan penghargaan WITT Award serta pemilihan Miss WITT 2017.

Ketua WITT Titi Hatta mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen mereka dalam mensosialisasikan bahaya rokok.

"Nama-nama yang terpiplih memang diyakini secara konsisten telah menyuarakan bahaya rokok bagi kesehatan. Baik itu melalui ruang publik maupun berjuang di ranah pengambil kebijakan dan undang-undang," ujar Titi Hatta, Senin (13/2).

WITT Award kali ini memasuki tahun ke-21. Sedikitnya akan ada 10 tokoh dari berbagai latar belakang yang akan menerima penghargaan.

Ketua Peringatan Hari Tanpa Tembakau WITT, Tuti Kresna mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan seleksi terhadap para calon penerima penghargaan.

"Salah satu tokoh yang pernah menerima penghargaan ini adalah penyanyi Ruth Sahanaya," ujar Tuti.

Sementara untuk pemilihan Miss WITT merupakan bentuk perpanjangan tangan pihaknya dalam mensosialisasikan bahaya rokok untuk anak muda. Karena menurutnya jika sosialisasi dilakukan sesama anak muda, bahasa yang digunakan akan mudah diterima. Dengan begitu pesan dapat tersampaikan dengan baik.

"Bahwa lifestyle hidup tanpa tembakau juga keren lho," ujarnya.

Tahapan dimulai dengan pendaftaran hingga akhir Maret 2017. Peserta yang lolos seleksi akan menjalani karantina hingga pemilihan pada 11 Mei 2017, berbarengan dengan ajang penganugerahan WITT Award 2017.

"Pemilihan ini bertujuan mengajak anak-anak muda pada umumnya berusia 17 hingga 22 tahun untuk menjadi duta sehat tanpa rokok. Karena WITT meyakini bahwa usia muda ini menjadi target utama pasar dan iklan rokok," kata dia.

Rinda Renita Miss WITT 2015 mengatakan, banyak hal positif yang ia jalani selama menjadi perpanjangan tangan WITT. Termasuk memberi pemahaman tentang bahaya rokok ke anak muda.

"Saya juga jadi lebih banyak kenal instansi dan aktivis-aktivis anti-rokok," kata dia.