Senin , 28 November 2016, 17:27 WIB

BPBD Sulsel Apresiasi Pelatihan Penanganan Darurat Bencana oleh LPBI NU

Red: Hazliansyah
Nahdlatul Ulama melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) dengan dukungan dari Department of Foreign and Trade (DFAT) Australia menyelenggarakan pelatihan Penanganan Darurat Bencana

BPBD Sulsel Apresiasi Pelatihan Penanganan Darurat Bencana oleh LPBI NU

Ketua PCNU Kabupaten Barru, Dr. Irham Djalil Aliah, M.Ag. yang hadir dalam pelatihan memberikan arahan bahwa NU akan selalu menjaga NKRI dan mempertahankan pancasila.

"Apa yang dilakukan hari ini akan menjadi kerja nyata sesungguhnya bagi komunitas untuk meningkatkan kapasitas guna membekali diri untuk melakukan kerja-kerja kemanusiaan yang lebih baik," kata dia.

Ia mengatakan seluruh peserta pelatihan merupakan kader militan yang akan selalu siap dalam melakukan kegiatan-kegiatan kebencanaan dan kemanusiaan.

"Diharapkan 30 peserta ini dapat menularkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki kepada orang lain, sehingga ke depan masyarakat Barru memiliki kapasitas yang cukup dalam melakukan kegiatan kebencanaan," ujarnya.

Dalam pelatihan ini diberikan materi tentang mengelola pos komando tanggap darurat serta keterampilan memberikan pertolongan kepada korban bencana agar tidak menyebabkan terjadi bencana lain. Diharapkan semua pihak yang terlibat dalam pelatihan dapat bekerja sama, saling memberikan kontribusi pemikiran dan pengalaman.

Pasca pelatihan nanti akan dibentuk tim tanggap darurat yang akan difasilitasi oleh PP. LPBI NU. Ke depan diharapkan tim tanggap darurat ini selalu siap jika dibutuhkan Kabupaten Barru maupun oleh Provinsi Sulawesi Selatan.