Kamis 17 Nov 2016 16:45 WIB

Kapsul Waktu FCTC Akhirnya Tiba di Jakarta

Pembaharu muda Citra Demi Kirana (kiri) dan Tasripul Iman menerima kapsul waktu FCTC
Foto: IST
Pembaharu muda Citra Demi Kirana (kiri) dan Tasripul Iman menerima kapsul waktu FCTC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapsul Waktu FCTC akhirnya tiba di Jakarta setelah dibawa dalam ekspedisi ke berbagai kota di Indonesia sejak bulan Februari 2016 lalu.

Simbol komitmen 20 Pembaharu Muda (PM) dari 17 kota di Indonesia untuk melakukan aksi mendukung Indonesia aksesi traktat internasional pengendalian global epidemi tembakau ini diterima Tasripul Iman dan Citra Demi Karina, dua orang Pembaharu Muda dari kota Bekasi dan kota Jakarta.

Masing-masing baik Iman dan Citra, sebelumnya telah sama-sama melakukan edukasi tentang pentingnya aksesi traktat internasional pengendalian global epidemi tembakau.

Iman sejak bulan Maret sudah melakukan edukasi melalui acara talkshow di radio RRI pro 2 FM Bogor serta memberikan informasi kepada anak-anak dan remaja di wilayah tempat tinggalnya, di kelurahan Harapan Jaya, kecamatan Bekasi Utara, kota Bekasi.

“Selain melakukan edukasi kami juga menggalang surat dukungan untuk Presiden agar mengaksesi FCTC,” kata alumnus SMA Negeri 10 Bekasi yang pernah menjadi Ketua Forum Osis se-Jawa Barat ini.

Sementara Citra yang juga aktif di Forum Anak dari Jakarta, bersinergi dengan komunitas Pramuka dan Forum Anak Nasional melakukan edukasi ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk memperkuat sosialisasi kawasan tanpa rokok (KTR).

Citra menjelaskan, tempat anak bermain adalah salah satu wilayah Kawasan Tanpa Rokok (KTR) seperti diamanatkan oleh UU Kesehatan No 36 tahun 2009.

“Karena itu kami memperjuangkan agar RPTRA, sebagai kawasan tempat bermain anak, harus bebas dari paparan asap rokok dan semua bentuk iklan dan promosi rokok,” tegasnya.

Tak hanya berkampanye di area RPTRA, Citra dan Foraja juga melakukan edukasi bahaya rokok dan pentingnya aksesi FCTC ke sejumlah sekolah di Jakarta dan Bogor.

Menyambut kedatangan Kapsul Waktu FCTC di Jakarta, Citra dan Foraja merasa sangat antusias.

“Kota Jakarta adalah kota terakhir yang dilewati dalam Ekspedisi Kapsul Waktu FCTC. Jadi kami sangat ingin menjadikan momentum ini sebagai sarana memperkuat komitmen untuk terus mengajak masyarakat mendukung Presiden Jokowi aksesi FCTC,” papar Citra.

Ke depan, Citra bersama Foraja berkomitmen untuk terus melakukan edukasi dan advokasi untuk menyelamatkan anak-anak Indonesia dari target industri rokok. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement