Senin 24 Oct 2016 13:36 WIB

LPBI NU DKI Sosialisasi Kesiagaan Bencana Melalui Dongeng

Roadshow dongeng anak nusantara oleh LPBI NU DKI Jakarta
Foto: LPBI NU DKI Jakarta
Roadshow dongeng anak nusantara oleh LPBI NU DKI Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerap kali dalam bencana yang terjadi, anak-anak banyak menjadi korban. Hal ini bukan karena ketidak tahuan dan ketidak mampuan anak-anak dalam bencana. Namun karena anak-anak tidak paham apa yang harus dilakuan jika terjadi bencana.

Melihat hal tersebut, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) DKI Jakarta, menyelenggarakan Road Show Dongeng Anak NUsantara. Kegiatan ini bertujuan mengedukasi dan mensosialisasikan nilai-nilai tentang berbakti pada orang tua, guru dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana serta cara menyayangi lingkungan hidup.

"Penyampaian nilai-nilai melalui media dongeng sangat efektif untuk anak. Karena dapat menghipnotis anak. Anak pun bisa sangat menikmati dan secara emosional terbangun dan paham dengan informasi yang disampaikan oleh pendongeng," ujar Desi Setyowahyuni, Ketua Manajemen Dongeng LPBI NU, dalam keterangan tertulis, Senin (24/10).   

Dongeng juga tidak hanya untuk anak, namun juga orangtua, guru, sehingga bisa tersampaikan juga untuk kalangan dewasa.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama LPBI NU DKI Jakarta dengan HIMPAUDI. M. Wahib, Ketua LPBI NU DKI Jakarta mengatakan, kegiatan serupa akan dilaksanakan di beberapa tempat.

Saat ini kegiatan dilakukan di gedung perpustakaan Jakarta Barat setelah sebelumnya digelar di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak di Kedoya Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement