Selasa 18 Oct 2016 22:24 WIB

Pengelolaan Media Sosial Pramuka Teraktif di Sela Pramuka Dunia

Hariqo Wibawa tengah memaparkan makalah di ajang Asia Pasific Region (APR) Wokrshop tentang Penguatan Komunikasi Eksternal dan InternaL
Foto: Gerakan Pramuka
Hariqo Wibawa tengah memaparkan makalah di ajang Asia Pasific Region (APR) Wokrshop tentang Penguatan Komunikasi Eksternal dan InternaL

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Kwarnas Gerakan Pramuka dipercaya untuk mempresentasikan pengelolaan medsos yang efektif pada acara Asia Pasific Region (APR) Workshop tentang Penguatan Komunikasi Eksternal dan Internal, di Suan Sunandha Palace Hotel, Bangkok, Thailand, pada 11-14 Oktober 2016. Hadir dalam presentasi ini delegasi Pramuka dari 16 negara di antaranya; Korea Selatan, Thailand, Srilangka, Bangladesh, Bhutan, Jepang, Malaysia, Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam, India, Pakistan, Bhutan, Maladewa, Hongkong, Serbia, dan lainnya.

Ada dua makalah yang dipresentasikan, pertama berjudul: Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita; Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan Citra Gerakan Pramuka”, oleh Hariqo Wibawa Satria (35 tahun), dan kedua “Praktek-Praktek Terbaik Penggunaan Media Gerakan Pramuka”, oleh Luqman Hakim Arifin (38).

Presentasi dalam bahasa Inggris ini dipandu oleh Brata Hardjosubroto (56), Chairman Profile Sub Committee, APR yang juga berasal dari Indonesia. Total ada 45 slide yang dipresentasikan dalam waktu 120 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab.

Dalam presentasinya Hariqo Wibawa menjelaskan Kwarnas Gerakan Pramuka membentuk Tim Siber Pramuka tahun 2014, anggotanya 10 orang dengan keahlian editing video, disain, menulis, fotografi, infografis, manajamen. Gerakan Pramuka memiliki website utama: www.pramuka.or.id, website lain: jamborenasional.com, scoutri.com.

Media sosial: instagram: @gerakanpramuka, twitter: @kwarnas, youtube: gerakan pramuka, fan page facebook: kwartir nasional gerakan pramuka. Mulai periode Kak Adhyaksa Dault (Ketua Kwarnas) dan Kak Lusia Adinda Lebu Raya (Wakil Ketua Bidang Kominfo dan Ketua Kwarda Nusa Tenggara Timur), website dan media sosial di Kwarnas Gerakan Pramuka dikelola secara serius.

“Untuk Instagram, akun @gerakanpramuka memiliki jumlah postingan tertinggi (7.907 foto) dan follower terbanyak (107.000), ini teraktif dan terbanyak diantara semua negara anggota Pramuka di dunia, bahkan mengalahkan keaktifkan akun Instagram organisasi kepramukaan dunia atau World Organization of the Scout Movement, WOSM dengan akun @worldscouting, bisa di cek. Sekarang kita berfikir membuat media sosial sendiri khusus Pramuka, kita tak boleh selamanya bergantung pada media sosial buatan luar”, jelas Hariqo di Bangkok, dalam keterangan tertulis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement