Rabu 10 Feb 2016 06:41 WIB

Ojok Kaget Sekuter Surabaya Indonesia Ikut Kampanye Antinarkoba

Rep: Andrian Saputra/ Red: Hazliansyah
Sekitar 3.800 penari meramaikan upacara peringatan Hari Antinarkoba Internasional
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Sekitar 3.800 penari meramaikan upacara peringatan Hari Antinarkoba Internasional

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sejumlah penggila motor Vespa yang tergabung dalam komunitas Ojok Kaget Sekuter Surabaya Indonesia (OKASSI) ikut ambil bagian dalam kampanye antinarkoba, akhir pekan kemarin di Taman Surya, Surabaya.

Selain mengusung tema 'Alcohol No, Bahenol Yes', setiap motor anggota komunitas juga ditempel stiker yang dibagikan Badan Narkotika Nasional (BNN) Surabaya bertuliskan antinarkoba.

“Seperti moto kami, alkohol saja kami menolak apalagi narkoba. Dari pada keduanya mendingan Bahenol saja, ya Vespa,” tutur Ketua OKASSI, Abdul Majid kepada Republika.co.id.

Kesadaran akan bahaya penggunaan narkoba memang telah ditanamkan Majid kepada para anggota di komunitasnya itu. Alasannya sederhana, sebagai pengendara, faktor keselamatan menjadi hal yang paling utama.

“Sekarang berapa banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat mabok dan pakai narkoba? Banyak kan,” tambahnya.

Majid tak menampik jika banyak komunitas sepeda motor yang kerap mengonsumsi narkoba. Hal itu pula yang membuat masyarakat cenderung memandang negatif komunitas roda dua. Namun, melalui OKASSI, ia ingin membuktikan bahwa komunitasnya menolak bahkan ikut serta dalam memerangi pengedaran dan penyalahgunaan narkoba.

Dengan anggota aktif 60 orang, komunitas yang beralamat di Dukuh Sentro Gang 9 A Surabaya itu juga berencana untuk menggaet komunitas motor lainnya untuk ikut mengkampanyekan bahaya penggunaan narkba. Ia berharap, kedepannya seluruh komunitas sepeda motor di Surabaya bersatu memerangi narkoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement