Ahad 10 Jan 2016 23:39 WIB

'Dapur Imaji' Ajak Masyarakat Baca Buku

menanamkan sikap gemar membaca bisa dilakukan dengan mendirikan saung baca
Foto: darmawan
menanamkan sikap gemar membaca bisa dilakukan dengan mendirikan saung baca

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Komunitas pemuda bernama Dapur Imaji mengajak masyarakat Kota Cimahi, Jawa Barat untuk meningkatkan minat baca buku agar memiliki kualitas sebagai manusia yang kaya dengan ilmu dan pengetahuan.

"Pokoknya hanya satu kata untuk membuka jendela ilmu dunia, membaca. Untuk itu meningkatkan minat baca ini harus masif oleh semua orang," kata pegiat Komunitas Dapur Imaji Asep Lurnama di sela-sela diskusi "Ngampar Buku" di Plaza Rakyat, Komplek Pemerintah Kota Cimahi, Jabar, Ahad.

Ia menuturkan kegiatan baca buku bersama itu merupakan inisiatif komunitasnya dalam rangka membantu pemerintah mencerdaskan masyarakat.

Kegiatan sederhana hanya bermodalkan tikar bekas spanduk dan 200 judul buku itu, kata Asep, menjadi rutinintasnya digelar di Kota Cimahi dan beberapa kota lainnya oleh komunitas yang sama.

"Ternyata melalui kegiatan ini minat baca masyarakat Cimahi banyak juga," katanya.

Ia menjelaskan membaca dan berdiskusi merupakan cara membuka cakrawala berbagai pengetahuan.

Ia berharap upaya mengedukasi masyarakat melalui kegiatan itu dapat terhindar sebagai manusia bodoh karena minimnya ilmu dan pengetahuan.

"Lewat cara sederhana adalah paling efektif seperti kami dan teman-teman lakukan, sekaligus nongkrong yang bermanfaat," kata pemuda asal Cimahi itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement