Rabu 11 Nov 2015 07:56 WIB

15 Komunitas Sepeda di Bekasi Napak Tilas Situs Bersejarah

 Peserta mengikuti upacara memeperingati Hari Pahlawan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Senin (10/11).
Foto: Antara/Ampelsa
Peserta mengikuti upacara memeperingati Hari Pahlawan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Senin (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sebanyak 300 pesepeda dari 15 komunitas di Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar napak tilas ke sejumlah situs bersejarah di wilayah Bekasi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2015.

"Rute yang kita tempuh melewati beberapa monumen perjuangan di Kota Bekasi, Taman Makam Pahlawan Bulak Kapal untuk berdoa bersama untuk arwah para pahlawan, kemudian ke arah Gedung Joeang Tambun dan kembali ke Kota Bekasi untuk finis di Masjid Agung Al Barkah," kata Panitia Penyelenggara dari Rombongan Bekasi (Robek) Dewa, Ahmad Syaikhu di Bekasi.

Peserta napak tilas mengambil rute awal pemberangkatan di Kantor Pemkot Bekasi Jalan Ahmad Yani Nomor 1, Bekasi Selatan, dan menyisiri sejumlah monumen serta objek perjuangan merebut kemerdekaan.

Ahmad Syaikhu mengatakan, pertemuan para pesepeda itu berlangsung tanpa persiapan yang matang, namun berlangsung meriah dan berkesan karena adanya napak tilas lokasi perjuangan tersebut.

"Sekarang kita hanya ke situs- situs bersejarah. Ke depan akan kita matangkan lagi untuk agenda kegiatan dengan melibatkan unsur dinas terkait," katanya.

Dia berharap, kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dengan melibatkan peserta yang lebih banyak lagi. "Kunjungan ke situs bersejarah ini menjadi penting untuk mengenalkan identitas Bekasi sebagai kota patriot," katanya.

Menurutnya, kegiatan itu selain baik untuk kesehatan, juga dapat mempererat kebersamaan antarkomunitas pesepada di Kota Bekasi yang saat ini tumbuh subur.

"Pemkot Bekasi juga akan terus berkomitmen meningkatkan dukungan infrastruktur bagi para pesepeda di Kota Bekasi agar lebih baik lagi ke depan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement