Sabtu 13 Jun 2015 14:12 WIB

Populerkan Sedekah, Muda-mudi Bandung Ini Dirikan Gerakan 'Nanem Padi'

Rep: c85/ Red: Dwi Murdaningsih
Gerakan 'nanam padi' untuk mempopulerkan sedekah dilakukan oleh muda-mudi di Bandung.
Foto: Republika/Sapto Andika Candra
Gerakan 'nanam padi' untuk mempopulerkan sedekah dilakukan oleh muda-mudi di Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, sebuah komunitas di Bandung giat mengampanyekan gerakan bersedekah. Komunitas yang beranggotakan muda-mudi dari berbagai kampus di kota kembang ini membuat sebuah gerakan berjuluk 'Nanem Padi'.

Salah satu pendiri gerakan 'Nanem Padi', Prilinar Hardiyanti menjelaskan, gerakan ini dibuat sebagai wadah untuk saling mengingatkan dan menyemangati untuk bersedekah. Terlebih, momentum Ramadhan dipandang saat yang paling telat untuk menyisihkan rezeki kita.

"Dari dulu kalau mau nabung buat sedekah pas Ramadhan suka susah. Ujung-ujungnya suka dipake terus duitnya. Dan pas Ramadhan udah keburu bokek duluan. Padahal pas Ramadhan kan bulan diskon pahala gede-gedean," ujar Prilniar kepada Republika, Sabtu (13/6).

Prili melanjutkan, 'Nanem padi' pada intinya merupakan sebuah gerakan menabung massal, selama beberapa pekan sebelum bulan Ramadhan tiba. Gerakan ini memfasilitasi siapapun yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk ditabung pada celengan yang akan dibagikan secara cuma-cuma.

"Hingga nanti saat bulan Ramadhan tiba, tabungan semua peserta akan diakumulasikan dan dipergunakan untuk kegiatan 'panen padi' di mana kita akan bersama-sama membuat acara buka bersama anak yatim, bagi-bagi makanan sahur, atau lain sebagainya," ujar Prili lagi.

Lantas mengapa namanya 'Nanem Padi'? Prili mengungkapkan, perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.

Prili menambahkan, bagi siapapun yang ingin bergabung dalam gerakan ini, bisa mendaftar langsung ke dalam tim admin Gerakan "Nanem Padi". Hingga saat ini anggota yang sudah bergabung sebagian besar merupakan mahasiswa, mahasiswi, dan alumni dari perguruan tinggi di Bandung seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Maranatha, dan lainnya.

Untuk bergabung, cukup mendaftar dengan mengetik  daftar_nama, kirim via whatsapp ke 085720349234, 085720349234 (ile) atau via sms 08986165422 atau 08986165422 (iqbal). Nanti selanjutnya bisa kopi darat untuk mengambil celengannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement