Selasa , 17 May 2016, 23:29 WIB

DPR : Alsintan Bantu Petani Tingkatkan Produksi

Red: Taufik Rachman
Republika/ Edi Yusuf
Seorang petani membajak sawah dengan menggunakan traktor di Cidaun, Kabupaten Cianjur. Jawa Barat. (Republika/Edi Yusuf)
Seorang petani membajak sawah dengan menggunakan traktor di Cidaun, Kabupaten Cianjur. Jawa Barat. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Herman Khaeron di Cirebon, Jawa Barat, mengatakan Alat dan mesin pertanian (Alsintan) sangat membantu petani dalam hal mengembangkan produksi pertanian untuk itu pemerintah terus membagikan alat itu kepada petani.

"Pemerintah sekarang ini terus memperbaharui alat dan mesin pertanian atau biasa kita katakan alsintan dan ini tujuannya, untuk meningkatkan produksi pertanian," kata Herman, Selasa.

Pada tahun ini pemerintah menganggarkan hand traktor sebanyak 25 ribu unit hal ini adalah upaya untuk mempercepat masa tanam, agar kebutuhan bahan makanan tersedia terus.

Dengan adanya bantuan itu, pihaknya juga berharap para petani bisa menurunkan modal untuk bercocok tanaman padi.

Dimana dengan adanya bantuan tersebut petani bisa menghemat 50 persen lebih pengeluaran untuk mengolah lahan, karena mereka tidak lagi menyewa.

"Bantuan ini diharapkan bisa meminimalkan modal para petani dalam hal pengolahan sawah," tuturnya.

Selain hand traktor, pemerintah juga menyiapkan beberapa mesin pertanian yang lain dan semua itu untuk memperbaiki produksi.

Di antaranya yaitu traktor roda empat, mesin pencocok tanam, mesin perontok dan juga mesin panen.

"Semua alat pertanian sudah dimodernisasi, untuk menunjang pendapatan para petani," tambahnya.

Ia menambahkan untuk saat ini mencari pekerja pertanian itu sulit, maka alsintan juga menjadi solusi para petani.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan