Selasa , 01 Nov 2016, 15:47 WIB

Nusa Dua Fiesta Tingkatkan Kunjungan Wisman Melalui Bali

Red: Hazliansyah
Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata
Menteri Pariwisata Arief Yahya mendengarkan paparan soal penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta (NDF) 2016
Menteri Pariwisata Arief Yahya mendengarkan paparan soal penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta (NDF) 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik akan diselenggarakanya event tahunan Nusa Dua Festival (NDF) tahun 2016. Ajang yang memasuki tahun ke-20 ini akan berlangsung mulai tanggal 12 hingga 20 November dengan menampilkan beragam atraksi seni, budaya, kuliner, olahraga juga pentas musik.

Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta 2016 dalam upaya mempromosikan kawasan wisata Nusa Dua sekaligus meningkatkan kunjungan wisman ke Bali, khususnya menjelang liburan akhir tahun dengan menggelar event-event menarik.

Penyelenggaraan even tahunan NDF yang ke-20 dengan tema “Bring The World To Bali” kali ini dimaksudkan untuk mengangkat nilai kawasan secara keseluruhan sebagai salah satu destinasi terbaik di Bali bahkan di Indonesia dan dunia serta sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu masuk utama (great) Bali yang memberikan kontribusi sebesar 45 persen dari total kunjungan wisman ke Indonesia.

“Great Bali sebagai ‘jendela pariwisata Indonesia’ memberikan kontribusi sebesar 45 persen dari total kunjungan wisman," ujar Menpar dalam peluncuran "Nusa Dua Fiesta (2016)", Senin (31/10) malam di Jakarta.

Arief Yahya menyebut, tahun lalu dari 10,4 juta wisman ke Indonesia yang masuk melalui Bali sebanyak 4 juta wisman. Sedangkan target tahun ini dari 12 juta wisman sebanyak 4,4 juta hingga 4,8 juta di antaranya melalui Bali.

"Oleh karena itu,  kunjungan wisman melalui great Bali harus, terutama menjelang akhir tahun harus ditingkatkan, antara lain dengan menggelar even-event  menarik,” kata Menpar Arief Yahya.

Direktur Operasional ITDC Ngurah Wirawan selaku pengelola kawasan Nusa Dua mengatakan, selain pentas musik dan gelaran seni budaya, NDF 2016 juga diisi dengan acara pendamping. Yakni diantaranya adalah Nusa Dua 10K, Tenis Nusa Dua Open, Cross Cultural Cycling, Nusa Dua Golf Tournament, Green Hero Fun Walk dan lainnya.

"Untuk pertama kalinya kami menyelenggarakan lomba lari. Nantinya akan jadi pengalaman yang berbeda karena akan melewati taman, garis pantai dan lapangan golf yang kami punya," ujar Ngurah.