Senin 05 Sep 2016 11:17 WIB

Ini yang Dilakukan Kemenpar Gaet Turis Malaysia

Raja Ampat
Raja Ampat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian Pariwisata terus melebarkan sayapnya di negri tetangga, Malaysia dengan mengikuti bursa pariwisata terbesar yakni Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2016. Perhelatan tersebut akan dilaksanakan di Putra World Trade Center, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2-4 September 2016, mendatang. Malaysia merupakan potensi pasar pariwisata terbesar kedua, setelah Singapura.

"Karena itu di forum MATTA Fair 2016 harus bisa buka mata akan keindahan Wonderful Indonesia di sana," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Asia tenggara merupakan pasar yang sangat seksi untuk bisa digoda Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Itu karena, status negara dan akses yang mudah bisa memantik kedatangan wisatawan ke tanah air demi mencapai target 20 juta wisawatan mancanegara (Wisman) 2019, mendatang.

”Keikutsertaan Indonesia dalam ajang MATTA Fair 2016 juga sebagai upaya untuk semakin mempropulerkan brand pariwisata Wonderful Indonesia di negara fokus pasar wisata utama yakni Malaysia,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar Rizki Handayani Mustafa.

Pada 2016 ini tercatat ada 15 pameran pariwisata yang diselenggarakan oleh MATTA, dan MATTA Fair di Kuala Lumpur 2016 ini merupakan event pameran pariwisata yang terbesar di Malaysia, setelah sebelumnya Kemenpar turut berpartisipasi pada event MATTA Fair di Sabah dan Johor Bahru.

MATTA Fair KL 2016 ini diselenggarakan Hall 4, 3, 2, 1, 1M & Linkway of PWTC - Kuala Lumpur,  dengan total 1.233 booth dengan lahan seluas 27.400 M2 dan dihadiri lebih dari 100 ribu pengunjung dari Malaysia, ASEAN, dan negara dari belahan dunia lainnya.

Pameran ini diikuti oleh sekitar 198 exhibitors lokal dan international antara lain berasal dari Amerika, Cina, Taiwan, Hongkong, Australia, India, Jepang, Korea, Macau, Kamboja, Filipina, Thailand, Nepal, Malaysia, New Zealand, Iran, UEA, Mexico, dan Turki.

Indonesia secara rutin mengikuti ajang pameran wisata terbesar di Malaysia, MATTA Fair 2016 untuk mempromosikan sekaligus mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di kawasan ASEAN dan sekitarnya. Pada ajang serupa yang digelar awal tahun ini, Indonesia bahkan sukses meraih predikat ASEAN Favourite Destination.

Pada MATTA Fair 2016, Indonesia menawarkan begitu banyak destinasi wisata di Indonesia kepada pengunjung yang hadir seperti pantai di Bali; menikmati warisan budaya yang termasuk dalam situs warisan budaya UNESCO Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Jawa dan menyelam menikmati indahnya bawah laut di Raja Ampat, Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement