Senin , 05 Sep 2016, 10:30 WIB

1.500 Pemain Golf Bakal Pecahkan Rekor MURI di Bogor

Red: Dwi Murdaningsih
Antara/Rivan Awal Lingga
Suasana lapangan golf Senayan, Jakarta, Rabu (24/2).
Suasana lapangan golf Senayan, Jakarta, Rabu (24/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pernah ikut bermain golf serentak di 11 golf course? Turnamen dengan target 1.500 golfer?  Sensasi inilah yang bakal digulirkan dengan judul: Bogor Wonderful Golf 2016, pada tanggal 7 - 8 September 2016 di 11 Golf Course di Bogor dan sekitarnya.

“Selain memecahkan rekor MURI, kami ingin mengangkat sport tourism di Bogor. Target kami, ada 1.500 golfer yang ambil bagian di event ini,” tutur Kepala Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor Zainal Safrudin, Minggu (4/9).

Sejumlah lapangan golf kelas A dan berstandar international langsung disiapkan. Misalnya seperti Emeralda Golf Club. Lapangan golf yang satu ini sudah berpengalaman menggelar ajang-ajang internasional. Desainnya keren. Dua legenda golf sudah mencurahkan perhatian mereka untuk membangun lapangan ini. Arnold Palmer yang berperan dalam menghadirkan River Course dan Lake Course di lapangan yang resmi dibuka pada 1994 ini. Goresan Jack Nicklaus pun turut hadir melalui Plantation Course.

Palm Hill Golf juga tak kalah dahsyatnya. Lapangan golf ini punya pemandangan Gunung Salak. Permata Sentul Golf juga sama. Lapangan golf yang dibangun di atas lahan seluas lebih dari 100 hektar ini bergaya modern. Desainnya dikawal langsung oleh Thomson Wolveridge & Perret, perancang lapangan golf 18 hole berstandar internasional.

Satu lainnya, Bogor Raya. Lapangan golfnya merupakan hasil polesan mantan golfer papan atas Australia, Graham V. Marsh. Tak heran, sejumlah penghargaan keren seperti Best Golf Course dari Asia Globe Magazine (2008); Best Service on Golf dari Indonesia Tourism Award (2006) hingga Best Course dari Golf Digest Indonesia (2004), pernah mampir ke sini. “Sisanya ada Bogor Golf Club, Gunung Geulis Country Club, Jagorawi Golf Country Club, Rainbow Hills Mountain Club, Rancamaya Golf Country Club, Riverside Glof Club serta Sentul Highland Golf Club,” kata Kepala Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor Zainal Safrudin.

Ribuan golfer tergoda untuk ikut serta di Bogor Wonderful Golf. Hingga Ahad (4/9), sudah ada 1.200 golfer yang sudah mendaftar dan memastikan ikut. Pesertanya tak hanya datang dari Indonesia. Golfer-golfer Singapura, Malaysia, Jepang dan Korea juga ikut ambil bagian. “Ini membuktikan golf adalah sport tourism yang strategis di Kabupaten Bogor. Awalnya, sasaran pasarnya adalah orang Singapura dan Malaysia yang dekat. Belakangan, golfer-golfer Asia Pasifik juga ikut merespon,” kata Zainal.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Korea Selatan dan Jepang adalah dua pasar golf yang sangat potensial. Setiap tahun ada 1 juta outbound golf tour di Korea, terutama di musim dingin yang membuat mereka tidak bisa bermain golf. “Tahun lalu kami juga support Wonderful Indonesia Gof Challenger di 9 lapangan golf di Batam dan Bintan. Hasilnya bagus, 60 persen golfer dari Singapore,” kata Arief Yahya.

Fakta-fakta tadi membuat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor, Rahmat Sujana sumringah. Dia optimistis, impact Bogor Wonderfull Golf ini akan berimbas positif bagi Bumi Tegar Beriman. “Hasilnya pasti bagus karena golf adalah pasar kelas atas. Spending-nya di atas rata-rata,” kata Rahmat.

Permainan bola kecil itu memang membuat Rahmat sangat pede. Maklum, tren saat ini banyak wisman yang rela menghabiskan 5.000 - 6.000 dolar AS dalam satu kunjungan lantaran Indonesia punya banyak lapangan golf berkelas dunia. “Tahun lalu ada 900 kunjungan golfer ke Kabupaten Bogor. Ini menjadi potensi yang sangat baik. Selain mengenalkan wisata, seni dan budaya juga bisa meningkatkan promosi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perhotelan dan restoran,” kata dia.

 

baca juga: Festival Payung Indonesia 2016 Terasa Sampai Bukit Bintang