Jumat , 02 Sep 2016, 16:30 WIB

Poltek Pariwisata Palembang Mulai Kuliah Perdana

Rep: Maspril Aries/ Red: Dwi Murdaningsih
Antara/Wahyu Putro A
Sebuah perahu melintasi Jembatan Ampera di Palembang, Senin (7/3).
Sebuah perahu melintasi Jembatan Ampera di Palembang, Senin (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Politeknik (Poltek) Pariwisata Palembang yang baru berdiri 2016, Jumat (2/9) memulai kuliah perdana. Kuliah perdana yang disampaikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin berlangsung di dinning hall Wisma Atlet di komplek Jakabaring Sport City (JSC) dengan diikuti mahasiswa angkatan pertama 2016/2017.

Peresmian berdirinya politeknik pariwisata pertama di Sumatera tersebut ditandai dengan penyerahan pataka Poltek Pariwisata Palembang dari Menteri Pariwisata yang diwakili Deputi Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Ahman Sya kepada pelaksana tugas (Plt) Direktur Poltek Pariwisata Palembang Irene Camelyn.

Dalam kuliahnya, Gubernur Alex Noerdin menjelaskan, pendirian Polteknik Pariwisata Negeri Palembang untuk menjawab serta mengimbangi kemajuan Sumatera Selatan yang semakin pesat, terutama dalam menangkap peluang di sektor pariwisata. Menurut Alex Noerdin, pendidikan pariwisata yang diberikan kepada para mahasiswa di Poltek Pariwisata Palembang memiliki standar tinggi dan dibimbing staf pengajar dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung yang sudah dikenal kualitas dan lulusannya.

Mahasiswa Poltek Pariwisata Palembang untuk sementara gedung perkuliahan menurut Gubernur Sumsel akan menggunakan wisma atlet yang baru dibangun untuk perhelatan Asian Games 2018. “Mulai tahun depan akan kita bangun gedung perkuliahan di komplek Jakabaring Sport City,” ujarnya.

Sementara itu Deputi Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Ahman Sya mengatakan proses berdirinya Polteknik Pariwisata Palembang tergolong sangat cepat. Semua karena dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Semua sudah disiapkan sedemikian rupa, sehingga bisa terealisasi cepat.

”Mahasiswa angkatan pertama Poltek Pariwisata Palembang menurut Irene Camelyn yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, berasal dari 17 kabupaten dan kota yang ada di daerah ini. “Mahasiswanya tidak hanya orang Sumatera Selatan saja yang bisa mendaftar, ada yang juga berasal dari Sumsel,” katanya.

Menurut Irene Camelyn, Polteknik Pariwisata Palembang merupakan lembaga pendidikan tinggi program diploma III (D III)  untuk Jurusan Hospitaliti dengan Program Studi (Prodi) Tata Hidang, Seni Kuliner dan Divisi Kamar. Juga ada program diploma IV atau D IV jurusan Perjalanan dengan Prodi Pengelolaan Konvensi dan Acara.