Ahad , 28 Aug 2016, 11:39 WIB

Ironman 70.3 Bintan Tembus 50 Negara

Red: Winda Destiana Putri
pesona indonesia
Pulau Bintan.
Pulau Bintan.

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN - Gong perhelatan Ironman 70.3, Bintan 2016 ditabuh. Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Even Organaizer (EO) Metasport menjadi host event berskala international yang diselenggarakan tepatnya 27-28 Agustus 2016.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, perhelatan olahraga internasional Ironman 70.3 Bintan dipastikan banyak dilirik oleh atlet-atlet dunia. Dari data yang sudah diterima panitia, sudah 1.200 atlet dari 50 negara telah mendaftarkan diri untuk ikuti ajang bergengsi ini.

"Inilah peluang besar bagi kita untuk mengenalkan Kabupaten Bintan kepada wisatawan mancanegara. Melalui even ini juga, kita akan menggenjot angka kunjungan wisatawan di 2016 ini," ujar Luki.

Luki menambahkan, dengan keindahan alam yang dimiliki Bintan dan perhelatan olahraga internasional yang digelar, pihaknya yakin Bintan akan jadi destinasi wisata kelas dunia. "Bayangkan, ada 50 negara sudah tersedot perhatiannya ke kabupaten ini," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan setiap even international itu memiliki dua impact. Yakni, direct impact dan indirect impact.

"Direct impact itu jumlah wisman yang masuk sebagai peserta, termasuk supporternya. Jumlahnya tidak sebesar indirect impact-nya. Nah indirect impact ini biasa disebut sebagai media value, karena bakal dirilis di banyak media dari mancanegara. Media value itu juga bisa dihitung," ungkap Menpar Arief Yahya.

General Grup Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab mengatakan PT BRC telah menyediakan 2.000 kamar hotel untuk menampung atlet, keluarga atlet hingga pendukungnya yang berasal dari 50 negara untuk mengikuti perhelatan tersebut.

"Okupansi Hotel sudah 90 persen. Sebab atlet yang ikut sudah dipastikan lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya," katanya.

Untuk lokasi pegelaran ajang bergengsi kelas dunia ini, kata Wahab, sama dengan tahun sebelumnya yaitu Kawasan Wisata Lagoi Bay. Menurutnya, Kawasan Lagoi Bay ini lebih serasi perpaduannya baik dengan adanya alam nan indah maupun fasilitas yang tersedia.

Bahkan, kata dia, PT BRC juga menyediakan sarana dan prasarana permainan anak-anak. Jadi bagi orang tua yang mengikuti perhelatan ini tidak perlu kawatir dengan keadaan anaknya sewaktu ditinggal berlaga. Karena anak-anaknya bisa bermain sepuasnya dengan sarana dan prasarana yang disediakan.

"Saya yakin ini bisa mendatangkan wisatawan mancanegara maupun lokal yang sangat banyak. Bahkan saya juga yakin kedepannya Bintan akan dikenal oleh seluruh dunia," ungkapnya.

Ironman 70.3 Bintan sudah diplot menjadi ajang kualifikasi Ironman dunia sebelum mencapai Ironman World Champion di Australia. Bupati Bintan Apri Sujadi mengaku bahagia dengan diadakannya perhelatan kelas dunia di wilayahnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah pusat untuk Pariwisata Bintan.

Selain ada ribuan peserta dan para atlet kelas dunia yang bakal meramaikan ajang tahunan di Bintan itu, ada 200 peserta Ironman Kids yang akan ikut serta di laga pembuka dengan berlari sejauh 1,5 Km.