Rabu , 24 Aug 2016, 10:35 WIB

Maybank Bali Marathon Digelar Akhir Pekan Ini

Red: Dwi Murdaningsih
  Sejumlah peserta mengikuti lomba lari maraton (ilustrasi).
Sejumlah peserta mengikuti lomba lari maraton (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BALI –- PT Bank Maybank mensupport Bali Marathon 2016! Malaysia Truly Asia berpromosi ke Bali dianggap sebagai langkah cerdas Malaysia untuk menggaet wisman yang Bali. Itu sama dengan cara Menpar Arief Yahya dalam menjaring ikan di kolam yang penuh ikan di Singapura. Berpromosi Wonderful Indonesia di Singapore, bukan hanya untuk mendapatkan pasar Singapura tetapi justru orang asing yang sedang berwisata atau menjadi ekspatriat di Singapore.

Kali ini giliran  PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) yang memastikan bahwa penyelenggaraan lomba lari internasional yang tahun ini memasuki tahun kelima itu, akan berlangsung Ahad (28/8) di Gianyar, Bali.

Dalam kesempatan yang sama Maybank Indonesia juga mengumumkan perubahan nama event dari 'BII Maybank Bali Marathon' menjadi 'Maybank Bali Marathon' selaras dengan identitas baru perusahaan. Manajer Perlombaan Maybank Bali Marathon 2016 Esti Nugraheni mengatakan, sejak pertama diselenggarakan pada tahun 2012, Maybank Bali Marathon sebagai lomba lari berstandar internasional telah mengantongi sertifikasi dari International Measurement Certificate number INA2012/009 dan telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).

"Pengukuran rute dilakukan International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer.  Sementara rute 10K telah mendapat sertifikasi dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), tentu ini juga konsistensi kami menjaga Pariwisata Indonesia agar Bali Marathon tetap terus mendunia,” ujar Esti.

Sejak 2014, imbuh Esti, event lomba lari yang diselenggarakan oleh Maybank Indonesia ini telah memenuhi kualifikasi sebagai official race directory Boston Marathon, yang merupakan salah satu dari enam World Major Marathon series (disamping Berlin, New York, London, Chicago, dan Tokyo Marathon).  Hanya pelari yang mampu menyelesaikan lomba lari marathon tertentu, termasuk Maybank Bali Marathon, dalam kualifikasi waktu (qualifying time) minimum yang telah ditentukan, berhak untuk melakukan pendaftaran di Boston Marathon.

Perlombaan lari Maybank Bali Marathon 2016 menargetkan keikutsertaan 7.000 peserta atau naik sekitar 30 persen dari jumlah peserta pada BII Maybank Bali Marathon 2015. Maybank Bali Marathon disejajarkan dengan lomba marathon yang telah dikenal di dunia termasuk Boston, New York dan Great Wall China Marathon.  Selain itu, polling yang dilaksanakan oleh RunHood Instagram Magazine menempatkan lomba tersebut sebagai Best Marathon 2015, Best Half Marathon 2015 dan Best Finisher Medal 2015.

Saat pertama kali diselenggarakan pada 2012, Maybank Bali Marathon berangkat sejalan dengan mulai bertumbuhnya kembali animo masyarakat terhadap hobi lari.  Penyelenggaraan Maybank Bali Marathon menandai kembalinya ajang lomba full marathon internasional di tanah air setelah vakum 22 tahun dari kalender olah raga nasional.  

Pada 2012, sekitar 2.000 peserta mengikuti lomba lari yang memperlombakan ajang full marathon berstandar internasional dengan jarak 42,195 km, half marathon (21,0975 km) dan 10K (10 km).  Jumlah peserta meningkat menjadi 3.000 peserta pada 2013 dan naik menjadi 4.500 peserta pada 2014 hingga mencapai lebih dari 5.000 peserta pada 2015. Disamping dari dalam negeri, tercatat juga peserta dari luar negeri, termasuk dari Kenya, Ethiopia, Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Asia.

“Memperhatikan animo peserta yang terus meningkat dari tahun ke tahun, kami memproyeksikan penambahan slot peserta sekitar 25 perseb dari jumlah peserta tahun lalu. Penambahan slot ini tentu saja harus kami sertai dengan kesiapan infrastruktur yang lebih baik karena kami tetap harus menjaga dan memastikan kualitas, keamanan dan kenyamanan lomba.  Penambahan peserta pada prinsipnya tidak boleh mengurangi kualitas lomba,” kata Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria.

Menurut Taswin, selaras dengan misi humanising financial services, khususnya berada di tengah komunitas, Maybank Indonesia tumbuh dan berkembang bersama komunitas pehobi lari sejak 2012. “Kami mencermati beberapa peserta yang dulu memulai dari 10K kini sudah naik tingkat ke half marathon hingga full marathon.  Bahkan ada peserta dengan latar belakang non atlet mampu bersaing di ajang Maybank Bali Marathon,” katanya.

Sebagai bagian dari penyelenggaraan Maybank Bali Marathon, seperti tahun-tahun sebelumnya, Maybank Indonesia kembali akan melanjutkan program corporate social responsibility (CSR) di Bali, khususnya di kawasan yang dilalui dalam jalur lomba marathon.  Ribuan masyarakat Bali dan murid-murid dari 27 sekolah di Gianyar kembali akan berpartisipasi menyambut hangat para peserta dan menyemarakkan event lari internasional ini.