Ahad , 21 Aug 2016, 10:55 WIB

Pesona Danau Toba dan Prambanan Jazz Jadi Perbincangan Netizen

Red: Dwi Murdaningsih
Agung Supriyanto/Republika
Pengunjung menyaksikan dari kejauhan panggung terapung di Pantai Bebas saat Konser Kemerdekaan Danau Toba.
Pengunjung menyaksikan dari kejauhan panggung terapung di Pantai Bebas saat Konser Kemerdekaan Danau Toba.

REPUBLIKA.CO.ID, PARAPAT -- Nama Danau Toba nge-hits di dunia maya. Netizen dari seluruh penjuru Indonesia tak henti-hentinya bercuit di Twitter. Netizen kompak mempromosikan Indonesia lewat hashtag. #pesonadanautoba. Hingga Sabtu siang (20/8), #pesonadanautoba menempati posisi pertama dalam daftar trending topic Twitter nasional.

"Kekuatan media sosial memang dahsyat. Seluruh Indonesia kompak bercuit soal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Kekuatan kreativitasnya luar biasa," ujar Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar, Sabtu (20/8).

Trending topic #pesonadanautoba muncul sebelum beragam acara menarik digelar. Sebelum Slank tampil, sebelum panggung terapung nan megah dipertontonkan, sebelum permainan lighting dan sound system yang menggelegar diperlihatkan, #pesonadanautoba sudah lebih dulu berkibar.

"Akhirnya menginjakan kaki di tempat yg lagi Hitss ini #pesonadanautoba #tuktuk #pesonaindonesia…" cuit pemilik akun @alb4b.
"Buat yang di Sumatera Utara, sampai jumpa SORE NANTI! Kita #ngeSlankRameRame di  #PesonaDanauToba!" sahut pemilik akun @slankdotcom, akun resmi Slank.
"Ayo rame-rame ke Danau Toba ada Karnaval #RI71 #PesonaDanauToba 20-21 Agustus," sambung akun @fadjroeL

Agenda akbar ini memang memancing perhatian berbagai kalangan. Dari jurnalis, turis hingga peneliti, semuanya kompak mengarahkan sorotan ke Danau Toba. Beragam persiapan dan kemolekan panorama Danau Toba  diabadikan ke dalam video dan foto-foto. Dan hasilnya, langsung membanjiri laman sosial Twitter, Facebook, YouTube serta instagram.

Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asnawi Bahar ikutan happy. Promosi pariwisata Danau Toba, ternyata dibantu jutaan netizen dari seluruh penjuru negeri. "Masif sekali. Impactnya pasti besar," kata  Asnawi.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Kemenpar, Dadang Rizky juga terperanjat melihat respons di lapangan yang sangat kuat. "Ini promosi gratis dan sangat efektif. Sekarang dunia jadi makin tahu tentang keindahan Danau Toba dan wilayah di sekitarnya. Terimakasih netizen," ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan selamat kepada para panitia yang eventnya menjadi perbincangan netizen di media sosial. Dia menambahkan, selain #PesonaDanauToba yang menjadi trending juga #PrambananJazz, yang sama-sama didukung oleh Kemenpar melalui branding Pesona Indonesia. "Selamat! Menjadi trending topic," ungkap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI yang membuka Konser Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun itu.