Ahad , 07 Aug 2016, 09:00 WIB

15 Kapal Yacht Singgah di Wakatobi

Red: Dwi Murdaningsih
wikipedia
Taman nasional Wakatobi.
Taman nasional Wakatobi.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Sebanyak 15 kapal peserta 'yacht rally' atau konvoi kapal layar mewah dalam rangka memeriahkan Sail Karimata 2016 yang digelar 17 Agutus 2016, singgah lego jangkar di Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Wakatobi, La Ode Ifi  mengatakan kapal mewah yang singgah di Wakatobi tersebut berasal dari beberapa negara antara lain Australia, Belgia dan Selandia Baru.

"Selama beberapa hari berada di Wakatobi, para penumpang kapal mewah tersebut akan mengunjungi beberapa obyek wisata di Wakatobi, terutama Benteng Liya Togo," katanya.

Selain itu kata dia, para wisatawan mancangera itu juga akan menyelam di beberapa lokasi penyelaman di Wakatobi, terutama di Pulau Hoga di Kaledupa dan Pantai Sombu di Wangiwangi. "Pulau Hoga dan Pantai Sombu, merupakan lokasi penyelaman terbaik di Wakatobi. Di dua lokasi tersebut terdapat terumbu karang yang cukup indah dan menakjubkan," katanya.

Menurut dia, para penumpang kapal yacth juga akan disuguhi dengan berbagai tradisi budaya Wakatobi terutama tari-tarian yang biasa dimainkan para penari ketika menyambut tamu-tamu kehormatan daerah. Tarian tradisonal Wakatobi yang biasa disuguhkan kepada tamu-tamu kehormatan daerah kata dia, adalah Tari Lariangi, Tari Sajomoane dan Tari Balumpa.

"Pemerintah dan masyarakat Wakatobi akan menyambut para penumpang kapal layar mewah itu secara resmi pada 9 Agustus 2016," katanya.

Ia mengatakan, setelah menikmati keindahan berbagai obyek wisata dan budaya masyarakat Wakatobi, konvoi kapal-kapal mewah dari berbagai negara itu akan melanjutkan perjalanan ke Buton, Bombana dan ke Selayar Sulawesi Selatan, selanjut ke Karimata mengikuti puncak perayaan Sail Indonesia di Karimata. Puncak perayaan Sail Indonesia di Karimata bertepatan dengan puncak perayaan hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2016.