Kamis , 07 Jul 2016, 11:59 WIB

Menpar: Lebaran Hari ke-2 Saatnya Berwisata

Red: Angga Indrawan
Republika/Agung Supriyanto
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Republika/Agung Supriyanto)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan perayaan Lebaran hari ke-2 merupakan saat yang tepat untuk berwisata. Hari lebaran kedua merupakan saat yang pas menikmati kuliner khas daerah di berbagai destinasi pariwisata.

"Hari pertama Lebaran kemarin di kampung halaman 100 persen hari keluarga dan silaturahim. Hari ini saatnya piknik dan wisata kuliner," kata Arief Yahya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (7/7).

Ia mengatakan bagi mereka yang belum mendapatkan ide untuk berwisata ke mana dan menikmati kuliner apa di daerah mana dapat menemukan informasi dari layanan yang disediakan Kementerian Pariwisata.

"Googling saja ke #PesonaLebaran(kota) atau #PesonaKuliner(kota)," kata Menpar Arief Yahya yang juga sedang mudik di Banyuwangi, Jawa Timur, tempat kelahirannya.

Ia mencontohkan dengan mengetik #PesonaLebaranBanyuwangi, misalnya, dapat ditampilkan berbawai destinasi wisata di daerah itu sedangkan dengan mengetik #PesonaKulinerLombok dapat memperoleh sajian informasi kuliner di Lombok dan sekitarnya.

"Tersedia informasi lebih dari 40 kota di Indonesia," katanya.

Menteri Pariwisata berharap wisatawan dapat mengunggah foto dan informasi kegiatan liburannya di tiap destinasi ke berbagai media sosial. "Berbagi kebahagiaan, berbagi info, berbagi pengalaman, akan menginspirasi banyak sahabat di hari raya," kata mantan Dirut PT Telkom itu.

Arief Yahya juga mengingatkan soal manajemen sampah di semua destinasi wisata. "Pastikan semua pengelola untuk mengurus sampah dengan baik, jangan biarkan berserakan di mana-mana, jangan merusak suasana dengan pemandangan dan aroma yang tidak sedap," katanya.