Selasa , 05 Jul 2016, 14:43 WIB

Kondisi Aman, Masyarakat tak Perlu Tunda Rencana Berwisata

Red: Dwi Murdaningsih
ant
Pengrajin batik dari Solo
Pengrajin batik dari Solo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pascabom Solo, situasi saat ini terpantau aman dan tetap kondusif. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa kondisi tempat-tempat wisata seluruh tanah air tetap aman dan kondusif seperti sebelumnya.

“Sementara ini tidak ada indikasi terorisme ke arah tempat-tempat wisata, sehingga para wisatawan baik wisnus maupun wisman, tidak perlu khawatir. Tidak perlu menunda rencana bertamasya ke atraksi-atraksi wisata,” kata Arief Yahya, melalui siaran pers.

Sebagaimana diketahui, telah terjadi bom bunuh diri di depan Mapolresta Solo pada  Selasa (5/7) pukul 07.30. Pelaku yang menggunakan sepeda motor berusaha masuk menerobos halaman Mapolresta, namun tidak berhasil karena saat menerobos seorang diri, seorang anggota Provos menghalanginya. Pelaku balik arah dan langsung meledakkan bom yang dibawanya.

Kapolri Badrodin Haiti menyatakan bahwa pelaku langsung meninggal dunia,  sedangkan anggota provos yang bernama Bripka Bambang Adi mengalami luka-luka. Kepolisian setempat melaporkan situasi sudah dapat dikendalikan, aman dan kondusif.  

Sementara itu,  penjagaan di tempat-tempat ibadah serta tempat-tempat umum dan terbuka di jaga seperti biasanya, sebagaimana biasa dalam operasi pengamanan hari raya. Kapolri Jendral Badrodin Haiti meminta agar jajaran Kepolisian meningkatkan kesiagaaan dan melakukan penyelidikan segera terhadap pelaku bom bunuh diri.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menegaskan Solo tetap dalam kondisi aman dan nyaman untuk berlebaran. Acara takbir bersama yang telah diagendakan akan tetap berjalan. Demikian pula semua acara yang telah dipersiapkan Pemkot untuk meramaikan lebaran di Solo tetap akan dilaksakan sesuai rencana.

"Saya imbau seluruh warga maupun pemudik yang akan datang ke Solo tetap tenang. Solo tetap dalam kondisi aman. Acara takbiran bersama akan tetap dilaksanakan nanti malam. Kami akan semakin meningkatkan pengamanan dengan melakukan koordinasi dengan semua pihak, baik TNI, Polri, Satpol PP, hingga Linmas," ujar wali kota.

Selain itu, sejumlah agenda kegiatan kesenian yang dipersiapkan Pemkot dalam rangkaian mata acara 'Bakdan ing Solo' juga tetap akan berlangsung. Masayrakat Solo, secara umum juga tampak tetap positif menanggapi insiden bom tersebut. Mereka menggangap kondisi tetap aman dan mereka tidak terpengaruh terhadap isu bom yang baru saja terjadi disana.

Seorang warga Solo, Deny, misalnya, menulis di laman Facebook-nya, "Solo tetap aman, tentram dan damai"