Selasa 05 Jul 2016 10:09 WIB

Warga Jakarta yang tak Mudik, Ini 10 Kuliner Rekomendasi untuk Anda

nasi goreng kambing kebon sirih.
Foto: foodspotting.com
nasi goreng kambing kebon sirih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bagi Anda warga Jakarta yang tidak mudik, saat jalanan lengang begini Anda memiliki banyak kesempatan untuk datang ke berbagai tempat tanpa macet. Walaupun beberapa tempat tutup saat Lebaran tapi kebanyakan buka lagi di lebaran H+3.

Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI), Vita Datau Messakh, pekan ini merasa merdeka berada di ibu kota Jakarta. Teror macet lalu lintas yang biasa menghantui kota, sama sekali lengang dan tidak dibuat naik tensi oleh kepadatan jalan.

"Hari ini saya keliling kota… wow jalanan begitu lancar, sehingga dengan mudah saya datang ke satu tempat lalu pindah ke tempat lain untuk cek lokasi apakah tempat kuliner favorit yang telah lama tidak saya kunjungi masih eksis," aku Vita.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sependapat dengan Ketua AGI. Jakarta sebagai ibukota Indonesia dengan wilayahnya yang sangat luas membuat penduduknya mudah menemui aneka kuliner nusantara.

Ikuti #PesonaKulinerJakarta #PesonaLebaranJakarta #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Tempat ini bisa digolongkan sebagai 'Street Food' atau kaki lima. Tapi tempat ini boleh dibilang eksis sejak 1985. Olahan nasi goreng kambing yang khas dengan perpaduan rempah-rempah yang kuat ini memiliki citarasa timur tengah. Aroma sajian ini menggugah selera makan para penikmatnya, Acar berisi Irisan kol dan kacang tanah asam pedas menjadi pelengkap yang sejodoh menyatu dimulut dengan sempurna. Sate Kambingnya yang tidak kalah lezatnya perlu juga dicoba. Silakan meluncur ke jalan kebon sirih I, tepat disebrang gedung Garuda Indonesia Airlines.

Gado-gado Bonbin

Masih disekitaran Jakarta Pusat, ada tempat favorit saya yang juga sudah ada sejak 1960. Tetap dikunjungi para pelanggan. Tempatnya memang tidak terlalu besar, tetapi banyak pelangganan yang setia. Bumbu asli kacang tanah yang dipertahankan membuat rasanya tetap  otentik. Beberapa tempat gado-gado di Jakarta sudah banyak yang memodifikasi rasa dengan campuran kacang mete dibumbunya. Hal ini tidak dilakukan oleh gado-gado bonbin. Kita juga bisa mencoba menu mie pangsit dan asinan ditempat ini. Tempatnya masih sama di Jl. Cikini IV No. 5, Jakarta Pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement